Take a fresh look at your lifestyle.

Mengenal Arti Setiap Genre Di Anime!

363

Haii Minna, Selamat Berkunjung kembali di Laskar Anime Indonesia,kali ini saya hanya bisa memberi pengetahuan tentang arti dari genre yang ada di anime hehehhe. Masaiya kita nonton anime sudah lama tapi tidak tahu pengertian dari tiap genre  bisa” nanti salah pilih hahahha .

Pengertian Genre Di Anime

Genre adalah salah satu cara pengelompokan suatu anime atau film, supaya bisa tahu tipe Anime atau film apa yang ingin kita tonton, contohnya Bagi yang suka Romantis atau sekolah biasanya Masuk kedalalm Genre Romance,dan bagi yg suka dengan hal hal misterius bisa juga mencari dengan genre Mistery .

Langsung saja, inilah Arti dari Setiap Genre Di Anime !

Action

Genre action menggambarkan sebuah aksi penuh ketegangan dan intesitas yang tinggi. Biasanya menyajikan sebuah adegan pertarungan yang seru baik itu dibumbui dengan kekuatan supernarutal ataupun tidak.

Genre jenis ini biasanya digabungkan dengan shounen dan sangat disukai oleh para remaja laki laki. untuk contohnya bisa kalian lihat disini

Advanture

Genre ini bercerita tentang petualangan serta perjalanan menjelajahi berbagai tempat menakjubkan di dunia. Namun kadang juga bisa bercerita tentang perjalanan ke dunia fantasi atau dimensi lain.

Biasanya si karakter akan mempunyai sebuah tujuan dari perjalanan tersebut, misal mencari harta, seseorang yang hilang atau hanya sekedar ingin melakukan petualangan. Anime genre adventure biasanya memiliki cerita yang beragam dan terdiri dari banyak episode mulai dari puluhan hingga ratusan.

Contohnya : One Piece , Hunter x hunter , Fairy tail, Dll .

Comedy 

Tujuan utama dari genre ini tentu saja untuk membuatmu tertawa, jika tidak maka ia gagal sebagai anime comedy. Namun humor juga tergantung pada setiap individu, mereka biasanya memiliki sense of humor yang berbeda-beda.

Kejadian lucu dan dialog aneh adalah dua hal yang biasanya membangun sebuah anime comedy. Contoh silahkan lihat  disini.

Demon

Awalnya demon hanyalah sebuah tema dalam anime, namun karena kepopuleran karakter iblis, ia naik menjadi sebuah genre. Demon tidak hanya menampilkan karakter iblis, namun juga berbagai karakter lain seperti monster, binatang, hantu dan berbagai jenis setan lainnya.

Namun jangan salah, genre ini tidak selalu identik dengan horror. Dengan perkembangan jaman, genre demon kini malah lebih sering dipadukan dengan ecchi dan harem. contohnya High school Dxd 🙂

Detective

Mengikuti kisah seorang detektif dalam menjalankan tugasnya memecahkan sebuah kasus, bisa dibilang genre ini selalu satu paket dengan mystery. Keduanya memang saling membutuhkan satu sama lain sehingga tidak terpisahkan. Contoh anime Detective Conan

Drama

Cerita yang mampu merobek hati serta merangsang emosi para penonton, inilah ciri anime genre drama yang baik. Ia akan berusaha membuat penonton mengerti dan seolah-olah mengalami kejadian yang dialami sang karakter.

Cerita yang disajikan biasanya berisi konflik yang rumit serta memilukan. Contoh anime Boku Dake ga nai Machi, Violet evergarden , Darling in the franxx dan plastic memories .

Ecchi

Kata ecchi sebenarnya berasal dari bunyi huruf H dalam bahasa inggris yang diartikan menjadi “sesat” (pervert) di jepang. Genre ini biasanya berisi adegan berkonten seksual ringan dengan menampakkan bagian tubuh tertentu.

Saat ini genre ecchi bisa dibilang semakin popular dan mendapatkan banyak penggemar. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya anime genre ecchi yang diproduksi setiap musimnya. Biasanya genre ini akan dipasangkan dengan comedy dan school untuk menyeimbangkan cerita.

Contohnya : Shokugeki no souma, High school DxD, Infinite Stratos , Rosario to vampire.

Fantasy

Tak perlu dijelaskan panjang lebar, genre ini mencakup semua hal yang bersifat fantasy, mulai dari tempat, makhluk, kejadian serta hal lain yang bisa dibilang mustahil ada di dunia nyata.

Sebagian besar anime bergenre fantasy akan menggunakan konsep “isekai” dengan mengambil karakter utama dari dunia nyata dan menyeretnya ke dunia fantasy. Contoh anime No Game No Life dan Konosuba.

Harem

Jika anime yang kalian tonton memperlihatkan seorang laki-laki dikelilingi oleh para gadis cantik, itulah yang dinamakan genre harem. Cerita seperti ini biasanya sangat disukai oleh para remaja laki-laki, dengan menggandeng genre comedy dan kadang romance untuk menyempurnakan ceritanya. Contoh anime Highschool DxD ,Nisekoi, Infinite stratos, Dan Masou gakuen HxH.

Hentai

Secara harfiah diartikan sebagai “sesat” dalam bahasa jepang, genre ini mengandung unsur seksual yang ditujukan untuk penonton umur 18+. Konten seksual yang muncul dalam genre ini tidak main-main, biasanya memunculkan adegan hubungan seksual antar karakternya.

Karena terlalu fokus pada konten seksual, genre hentai kadang memiliki kelemahan dalam hal cerita. Saya tidak bisa menyebutkan contoh anime untuk genre hentai karena Itu privacy :).

Horror

Berusaha membuat penonton merasakan ketakutan adalah tujuan dari genre ini. Bukan hanya lewat karakter menakutkan seperti hantu atau monster, bisa juga melalui adegan kekerasan yang menampilkan banyak darah.

Apapun cara yang digunakan, tujuannya adalah menarik rasa takut serta ngeri dari para penonton. Contohnya : Another, Corpse Party , School Days, Yosuga no sora ( saking horrornya ada macan yang kecyduk di pintu ;v )

Magic 

Menunjukkan dunia dimana hal-hal berbau magis dan sihir berada, biasanya menampilkan para gadis penyihir dengan penampilan yang lucu dan manis. Memang cukup kontras dengan arti kata “penyihir” yang biasa kita dengar.

Namun disitulah daya tarik anime genre magic berada, dengan karakter yang unik serta cerita yang pas, keduanya akan membuat para penonton betah. Contohnya : Mahou koukou no rettsuei! , High school DxD.

Mecha

Robot raksasa dan pesawat canggih merupakan sesuatu yang biasanya muncul dalam genre mecha. Bagi yang bosan dengan pertarungan antar manusia, mungkin kalian cocok dengan genre ini yang akan menampilkan pertarungan menggunakan robot raksasa.

Biasanya genre ini akan dipadukan dengan military, sci-fi dan action. Contohnya : Saijaku muhai no bahamut , Gundam , Darling in the franxx.

Military

Melibatkan segala sesuatu yang berhubungan dengan militer dan mungkin juga tentang perang. Kadang juga melibatkan action serta mesin dan robot canggih untuk membuat cerita semakin seru. Contoh anime Fullmetal Panic dan Code Geass.

Music

Yah apalagi hal yang akan dibahas pada genre ini selain musik, mungkin tidak terdengar popular, namun banyak anime bergenre music yang tidak kalah dengan anime lainnya.

Cerita bukan hanya berpusat pada bernyanyi, menari ataupun bermain alat musik, kadang yang lebih ditekankan adalah konflik yang dialami yang karakter. Contohnya : [email protected] Master , Love Live School idol project, K-On.

Mistery

Misteri adalah titik pusat dari anime genre ini, entah itu karakter, kejadian ataupun benda. Genre ini biasanya sangat dekat dengan cerita bertema detektif dengan berusaha mengungkap berbagai misteri kejahatan yang ada.

Contoh anime Hyouka,Monogatari Series,Danganronpa.

Psychologi

Anime ini akan berusaha membuat otak dan jiwa kita bekerja dengan cerita yang disajikan. Kalian akan menemukan permainan pikiran disini, pertempuran dengan menggunakan otak adalah fokus cerita dari genre psychological.

Contoh anime Death Note ,Mirai nikki, Tokyo ghoul.

Romance

Berpusat pada kisah cinta yang manis serta romantic, sangat cocok bagi para remaja yang biasanya mulai mengenal tentang apa itu cinta. Kalian mungkin sering menemui genre romance dipadukan dengan shoujo atau comedy, namun kadang juga harem untuk kisah yang lebih ringan.

Contoh nya silahkan kalian lihat Live Action , Movie , Dan per eps .

School

Memang awalnya hanya sebuah setting, namun karena pada dasarnya kebanyakan aime ditujukan untuk para remaja, maka terciptalah genre ini. Sekolah merupakan tempat utama dari sebagian besar kejadian dalam anime genre ini.

Biasanya berusaha mengekspos berbagai konflik dan masalah yang terjadi di sekolah, entah itu antara teman ataupun guru. Contohnya Re Life, Prison School, Shigatsu Wa Kimi No Uso.

Sci-Fi

Merupakan singkatan dari science dan fiction, dari kedua kata tersebut kita tahu bahwa anime ini berusaha memadukan sains dengan sesuatu yang fiksi (belum ada di dunia nyata).

Biasanya berisi tentang dunia di masa depan yang berisi berbagai teknologi maju. Robot dan mesin waktu adalah hal yang biasanya sangat lekat dengan genre sci-fi. Untuk Contoh Silahkan Kalian Lihat Disini .

Seinen

Seinen sebenarnya adalah sebuah pengelompokkan berdasarkan penonton. Anime genre ini utamanya ditujukan untuk pemirsa laki-laki dengan rentang usia 18-40 tahun.

Yah bisa dibilang kebalikan dari josei, namun jika josei bercerita tentang kisah romance, seinen biasanya malah lebih mengekspos konten seksual yang eksplisit. Contoh anime Berserk dan Ergo Proxy.

Shoujo

Sama seperti seinen, shoujo juga merupakan pengelompokkan anime berdasarkan penonton. Anime genre ini ditujukan untuk mereka para penonton wanita dengan usia mulai dari 10-18 tahun.

Sebagian besar genre ini dipadukan dengan romance dan comedy. Contohnya Gekkan Shoujo Nozaki Kun.

Shoujo-Ai

Secara harfiah dapat diartian sebagai “cinta antar perempuan”, berfokus pada kisah romance antara para karakter perempuan. Berbeda dengan genre yuri, hubungan para karakter dalam genre ini masih terbilang “ringan”.Contoh anime Aoi Hana dan Blue Drop.

Shounen

Kebalikan dari shoujo, dengan target penonton laki-laki usia 10-18 tahun, shounen lebih berfokus pada action dan supernatural. Biasanya cerita yang disajikan banyak mengekspos hal-hal seperti persahabatan, petualangan, kebebasan serta baik dan buruk.

Bisa dibilang shounen mempunyai fans paling banyak jika dibanding genre lainnya. Contoh anime Naruto dan One Piece.

Shounen-Ai

Kebalikan dari Shoujo-Ai, genre ini merupakan “versi ringan” dari yaoi. Menunjukkan hubungan “tak lazim” antar karakter laki-laki, tentu saja penonton yang dituju adalah para gadis remaja.  Contoh anime Hybrid Child dan Gakuen Heaven.

Slice of Life

Sebuah genre dengan cerita yang ringan, biasanya berkisah tentang kehidupan sehari-hari. Berusaha memberikan gambaran kehidupan sehari-hari sang karakter secara realistis tanpa tambahan konten fantasy. Contoh anime Barakamon dan Non Non Biyori.

Sport

Ada banyak sekali jenis olahraga yang ada di dunia ini, genre sport berusaha memperlihatkan sisi menarik dari dunia tersebut. Biasanya akan berkisah tentang perjuangan serta perjalanan sang karakter dari pemain amatir hingga menjadi professional.

Contoh anime Kuroko no Basuke dan Haikyuu!!

Super Power

Bercerita tentang para karakter yang diberkahi dengan berbagai kekuatan super yang bersifat desduktrif. Tentu saja hal ini tidak bisa dipisahkan dengan action, keduanya bagai dua sisi uang logam.

Contoh anime Saitama, Isekai Wa Smartphone Tomo ni.

Supernatural

Berkaitan dengan segala hal berbau mistis serta hal lain yang berada diluar batas realita dunia  nyata. Genre ini sering dikaitkan dengan karakter yang memiliki kemampuan super power.

Contoh anime Tokyo Ghoul dan Angel Beats!

Tragedy

Berfokus pada karakter yang telah mengalami sebuah tragedy yang tragis. Tragedi tersebut bisa dalam berbagai hal mulai dari bencana, kecelakaan, kemalangan ataupun kematian.

Biasanya cerita genre ini akan bersifat dramatis dan berusaha menarik emosi para penonton serta menghubungkan mereka dengan pengalaman si karakter tersebut. Contoh anime Tokyo Magnitude 8.0 dan Texhnolize.

Vampire

Seperti demon, vampire dulu hanyalah sebuah tema namun naik menjadi genre karena kepupuleran yang diraihnya. Tentu saja di dalam ceritanya ada karakter vampire, namun kadang karakter tersebut digambarkan tidak seseram seperti vampire yang sering kita bayangkan.

Contoh anime Monogatari Series, Rosario to vampire .

Yaoi

Yaoi merupakan versi berat dari shounen-ai, mengisahkan hubungan asmara antar karakter laki-laki. Meski nampak tak lazim namun ternyata penggemar genre ini cukup banyak lho!!

Contoh anime Junjou Romantica dan Gavitation.

Yuri

Kebalikan dari Yaoi serta versi berat dari shoujo-ai, genre ini mencakup hubungan antara para karakter wanita. Dibanding shoujo-ai, yuri lebih mengekspos sebuah hubungan yang lebih intim antar para karakternya.

Contoh anime Yuri Kuma Arashi, Citrus, dan Sakura Trick.

Seperti inilah arti genre dari setiap anime hehehe 🙂 maaf kalo gada pictnya, soalnya kalo saya kasih gambar takutnya tambah bingung kalian hehehe 🙂 Semoga bermanfaat bagi kalian yg ingin tahu genre apa yg ingin kalian tonton.

Terima Kasih.

Keywords:
  • nekopoi care/genres/loli
  • arti ganre dinekopoi
  • macam macam genre di nekopoi
  • nekopoi care/genres/harem/page/2
  • nekopoi care/genres/loli/page/3
  • penjelasan genre dlm nekopoi
Comments
Loading...