Take a fresh look at your lifestyle.

Review Anime: Boku dake ga Inai Machi (Kota Tanpa Adanya Diriku)

262

Yo minna san, selamat berkunjung kembali di website Laskar Anime Indonesia, kali ini penulis akan membuat review anime Boku dake ga Inai Machi.

Anime tentang Time Leap yang penuh misteri dan menegangkan, tapi juga memiliki keindahan tersendiri.

Sesi review akan terbagi 5, yaitu diawali dengan informasi seputar anime yang jadi topik review seperti genre, sinopsis, dll. Lalu video promosi/trailer anime Boku dake ga Inai Machi, kemudian beberapa karakter utama, OST dan diakhiri dengan review dan rating dari penulis.

Yosh, langsung saja yuk kita mulai reviewnya!

Review Anime: Boku dake ga Inai Machi (Kota Tanpa Adanya Diriku)

1. INFORMASI ANIME

Judul Anime: Boku dake ga Inai Machi

English: ERASED

Sinonim Indonesia : Kota Tanpa Adanya Diriku

Japanese : 僕だけがいない街

Boku dake ga Inai Machi

Type: TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Jan 8, 2016 to Mar 25, 2016
Premiered: Winter 2016
Broadcast: Fridays at 00:55 (JST)
Producers: Aniplex, Dentsu, Kadokawa Shoten, Fuji TV, DAX Production, Kyoraku Industrial Holdings, Kansai Telecasting, Lawson
Licensors: Aniplex of America
Studios: A-1 Pictures
Source: Manga
Genres: Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural
Duration: 23 min. per ep.
Rating: R – 17+ (violence & profanity)

Sinopsis:

Seorang penulis manga bernama Satoru Fujinuma dilanda rasa takut untuk mengekspresikan dirinya sendiri.

Dia memiliki kekuatan supranatural yang bisa mencegah kematian dan bencana dengan cara kembali pada saat sebelum bencana tersebut terjadi, dan menghentikan apa yang menjadi penyebab bencana tersebut.

Suatu hari, dia terlibat insiden yang menjebaknya dan membuat dia dianggap sebagai si pembunuh.

Saking putus asanya untuk menyelamatkan sang korban, dia mengirim dirinya sendiri kembali pada zaman dia SD, sebulan sebelum kejadian hilangnya teman sekelas Satoru yang bernama Kayo Hinazuki.

Kemudian Satoru memulai perjalanan barunya untuk menyelamatkan Kayo dan memecahkan misteri hilangnya dirinya.


2. Video Promosi/Trailer:


3. Karakter Utama

1. Satoru Fujinuma (Satoru, Sato)

Satoru FujinumaSeiyuu : Shinnosuke Mitsushima

Usia : 29 tahun (10/11 tahun pada 1988)

Biografi :

Satoru Fujinuma adalah seorang penulis manga yang berjuang dengan kekuatan supranatural yang memungkinkan, atau lebih tepatnya, memaksanya untuk mencegah kematian dan bencana yang terjadi di dekatnya dengan mengirimnya kembali ke masa tepat sebelum kecelakaan terjadi, mengulangi pemandangan sampai kecelakaan itu dicegah.

Dia menyebut kemampuannya sebagai Revival, biasanya dia akan kembali ke 5-10 menit kebelakang, namun karena insiden masa lalu yang menghantuinya serta pembunuh yang kembali mengincarnya dan keluarganya.

Satoru justru terkirim kembali ke tahun 1988, tepatnya sebulan sebelum insiden pembunuhan berantai terjadi di sekolahnya.

 

2. Kayo Hinazuki (Kayo, Hina, Hinazuki)

Kayo HinazukiSeiyuu: Aoi Yuuki

Usia: 10/11 tahun

Biografi:

 

 

Kayo Hinazuki adalah gadis sepuluh tahun dan korban pertama dari pembunuh berantai / penculik. Dia hilang pada tanggal 2 Maret 1988. Mayatnya ditemukan beberapa hari kemudian setelah salju mencair.

Kayo Hinazuki adalah teman sekelas Satoru. Dia adalah penyendiri dan tidak  pernah berbicara pada siapapun yang menjadikannya sebagai target penculikan/pembunuhan.

Setelah kembali ke masa lalu, hal pertama yang dilakukan Satoru adalah berusaha menyelamatkan Kayo dengan berusaha mendekatinya dan mencegah pembunuhan tersebut terjadi.

 


4. Original Soundtrack (OST)

Lagu Opening:
#1: “Re:Re:” by Asian Kung-Fu Generation (ep 2-12)

Lagu Ending Theme
#1: “Re:Re:” by Asian Kung-Fu Generation (ep 1)
#2: “Sore wa Chiisana Hikari no Youna (それは小さな光のような)” by Sayuri (ep 2-12)

 

Lagu Opening dan Endingnya sangat bagus, bahkan terlalu bagus.

Lagu Openingnya dibawakan oleh grup band legendaris Jepang yaitu Asian Kungfu Generation. Sementara Endingnya oleh Sayuri.


5. Review Penulis

Review Singkat:

 

Boku dake ga Inai Machi, anime ini membawa konsep Time Leap/Kembali ke masa lalu serta menyelamatkan yang harusnya diselamatkan.

Cerita berfokus pada Satoru Fujinuma, seorang mangaka berusia 29 tahun yang memiliki kemampuan yang ia sebut Revival, yaitu kembali ke masa lalu 5 menit kebelakang untuk mencegah kejanggalan dan kecelakaan yang akan terjadi.

Dan menjelang ending episode 1, ibunya ditusuk oleh seorang pembunuh misterius, dan Satoru justru dianggap sebagai pelaku pembunuhan tersebut.

Saat akan ditangkap polisi, dia pun kembali ke masa lalu pada tahun 1988, saat dia masih kelas 5 SD, tepat sebulan sebelum pembunuhan berantai terjadi di sekolahnya. Yah begitulah awal ceritanya.

Hal yang menarik dari anime ini adalah plotnya, serta  story yang terbilang sangat bagus, dan anime Boku dake ga Inai Machi ini juga memiliki cerita yang sebenarnya cukup dalam.

Dan entah kenapa, saat nonton anime ini ane merasakan kesedihan, tanpa alasan yang jelas sih.

Dan episode demi episode, anime ini juga membuat kita merasakan apa yang dirasakan oleh MC.

Seperti menyesali hal berharga yang pernah kita abaikan di masa lalu dan tidak bisa diubah kembali, perkataan kasar kita kepada ibu yang sebenarnya sangat menyayangi namun tidak kita sadari sedari dulu, dan penyesalan lainnya.

Nuansa romansa antara Satoru dan Kayo juga sangat menyentuh dan mengharukan. Membahas sedikit tentang Kayo, dia adalah anak yang sering disiksa oleh ibunya pada akhir pekan.

Dia juga dikucilkan di kelas, sehingga menjadi target yang pas untuk sang pembunuh misterius.

Mungkin anime ini juga bisa dibilang sedikit mirip detektif Konan, dimana seorang yang sebenarnya udah dewasa, dengan pemikiran yang juga dewasa kembali jadi anak-anak dan dipaksa menyelesaikan kasus pembunuhan misterius.

Hal lain yang nggak kalah menarik dari anime ini adalah OST nya, terutama lagu Openingnya.

Jika ane biasanya adalah tipe yang nge skip lagu opening sebuah anime (Cuma liat opening di episode awal), untuk anime ini ane benar-benar nggak bisa nge skip.

Intro lagunya sangat bagus, sasugaa emang Asian Kungfu Generation. Bagi kalian yang penasaran seperti apa lagu versi fullnya, nih ane kasi video full versionnya:

Yosh, untuk menghindari spoiler bagi yang belum nonton, itulah dia review singkat anime Boku dake ga Inai Machi nya.

Dan di bawah ini ada beberapa spoiler yang mungkin akan menjawab beberapa pertanyaan kalian yang udah nonton tapi masih kepikiran beberapa hal! Mohon untuk jangan di klik bagi yang belum nonton/ingin menghindari spoiler! :3

Spoiler Alert!! Alasan Kenapa Kayo Menikah dengan Hiromi?

Kayo telah mengembangkan perasaan untuk Satoru dan itu sangat mengejutkannya ketika Yashiro mengumumkan kepada kelas bahwa Satoru mengalami kecelakaan.

Dia sering mengunjungi Satoru di rumah sakit, berdoa agar dia segera bangun. Fujinuma Sachiko, ibu Satoru, tidak tahan melihat Kayo menyia-nyiakan hidupnya seperti itu.

Dia membawanya ke rumah sakit di Chiba tanpa memberi tahu Kayo, dengan hanya menyisakan surat ucapan terima kasih atas dukungannya, tetapi dengan permintaan Kayo untuk menghargai “kehadiran Satoru” agar dia dapat memiliki masa depan yang cerah.

Di masa depan, Kayo menikahi Sugita Hiromi. Ketika Satoru terbangun dari koma dia mengunjungi dia dengan putranya Mirai.

Jadi intinya, yang memisahkan Satoru dengan Kayo justru ibunya sendiri, menyakitkan emang, tapi untunglah Satoru dapat ship dengan Katagiri Airi di Endingnya.

[collapse]

 

Rating dari Penulis:

  • Story :9.5/10
  • OST : 10/10
  • Grafik : 9/10
  • Average : 9.5

 

Kosakata:

Time Leap: Melompati waktu/kembali ke masa lalu

Seiyuu: Pengisi suara


Yosh minna, itulah tadi review singkat anime Boku dake ga Inai Machi nya, semoga informasinya bermanfaat bagi kalian yang sedang butuh informasi tentang anime ini ya!

Dan jangan lewatkan review serta berita unik lainnya seputar anime hanya di Laskar Anime Indonesia, sampai ketemu di review berikutnya! ^_^

Comments
Loading...