Take a fresh look at your lifestyle.

Review Anime: Servant x Service (Romcom Pegawai Negeri)

248

Yo minna san, selamat berkunjung kembali di website Laskar Anime Indonesia, kali ini penulis akan membuat review anime Servant x Service.

Anime tentang Romance Comedy para Pegawai Negeri yang ngakak dan bikin penontonnya geregetan :3

Sesi review akan terbagi 5, yaitu diawali dengan 1. informasi seputar anime yang jadi topik review seperti genre, sinopsis, dll. Lalu 2. video promosi/trailer anime Servant x Service, kemudian beberapa 3. karakter utama, 4. OST dan diakhiri dengan 5. review dan rating dari penulis.

Yosh, langsung saja yuk kita mulai reviewnya!

Review Anime: Servant x Service

1. INFORMASI ANIME

Judul Anime: Servant x Service

English: Servant x Service

Sinonim Indonesia : Pegawai Publik

Japanese : サーバント×サービス

Servant x Service

Type: TV
Episodes: 13
Status: Finished Airing
Aired: Jul 5, 2013 to Sep 27, 2013
Premiered: Summer 2013
Broadcast: Unknown
Producers: Aniplex, Half H.P Studio, Asahi Broadcasting
Licensors: Aniplex of America
Studios: A-1 Pictures
Source: 4-koma manga
Genres: Comedy, Slice of Life
Duration: 23 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis:

Bayangkan jika tiga orang tiba-tiba menemukan diri mereka sebagai pegawai negeri di kota Mitsuba. Kepribadian dan dorongan seperti apa yang harus mereka dorong untuk mencari karier seperti itu?

Lucy Yamagami, seorang wanita muda yang serius yang ditugaskan di Bagian Administrasi Kesejahteraan, bermaksud untuk menggunakan pekerjaan itu sebagai sarana membalas dendam terhadap pegawai sipil lain.

Yutaka Hasebe, seorang pemuda genit yang ditugaskan di Bagian Pertama Departemen Kesejahteraan, bermaksud untuk bersantai kapan pun dia bisa dan bersenang-senang.

Dan Saya Miyoshi, seorang lulusan perguruan tinggi yang ditugaskan di Bagian Kedua dari Departemen Kesejahteraan, bermaksud untuk melakukan pekerjaan pertama yang dia miliki dalam hidupnya sebaik mungkin.

Servant x Service mengisahkan tentang ketiga pendatang baru ini memulai pekerjaan mereka sebagai pegawai pemerintah di bawah atasan mereka, Taishi Ichimiya, yang sama sekali tidak tahu bagaimana mengarahkan mereka, meskipun telah bekerja di sana selama delapan tahun terakhir.

Kisah ini menceritakan kehidupan sehari-hari mereka ketika mereka mengalami kerasnya pekerjaan pemerintah, termasuk berurusan dengan peraturan, roman kantor, dokumen, dan menjadi sasaran tinju terdekat ketika warga membutuhkan sesuatu untuk dikeluhkan.


2. Video Promosi/Trailer:


3. Karakter Utama

1. Yutaka Hasebe (Hasebe)

Yutaka HasebeSeiyuu : Tatsuhisa Suzuki

Usia : Sekitar 24 tahun (Mungkin?)

Biografi :

Hasebe adalah seseorang yang serba bisa, dia dapat melayani pengunjung dengan baik, dan dapat diandalkan.

Namun kekurangannya adalah dia tidak memiliki ambisi ataupun impian untuk diwujudkan.

Dia bekerja hanya agar dapat bersantai-santai dan bermalas-malasan. Sebagai sesama pegawai baru, dia sepertinya suka menjahili Yamagami Lucy bahkan di hari pertama mereka bekerja.

Di samping kekurangannya, dia adalah orang yang ceria, dia juga mengatakan bahwa seluruh anggota keluarganya adalah pegawai negeri.

 

2. Lucy Yamagami (Lucy, Yamagami)

Yamagami LucySeiyuu: Ai Kayano

Usia: 19-20 Tahun (Mungkin?)

Biografi:

Yamagami Lucy adalah kolega sesama pegawai baru bersama Hasebe dan Saya.

Dia adalah pegawai yang rajin dan belajar dengan cepat, hanya saja dia kurang peka terutama hal-hal mengenai seperti rayuan dan gombalan Hasebe.

Dia menganggap bahwa banyak orang yang mempermasalahkan namanya sehingga sering membuatnya salah tingkah.

Dia langsung mengikuti tes pegawai negeri setelah lulus SMA, saat ditanya apakah dia menyukai pekerjaannya sebagai pegawai negeri.

Lucy mengatakan bahwa tujuannya menjadi pegawai negeri adalah untuk balas dendam pada salah seorang pegawai yang telah menyetujui namanya yang panjang dan aneh tanpa bertanya terlebih dahulu.

Nama lengkap Lucy adalah Lucy Kimiko Akie Airi Shiori Rinne Yoshiho Ayano Tomika Chitose Sanae Mikiko Ichika. (Masih ada sambungannya lagi sebenarnya, cuman gak sempat dia lanjutin:v).

 

3. Saya Miyoshi (Saya, Miyoshi)

Saya MiyoshiSeiyuu: Mai Nakahara

Usia: 24 Tahun

Biografi:

Miyoshi adalah seorang mahasiswa yang cuti kuliah, dan dia mengatakan jika ini adalah pengalaman pertamanya bekerja.

Karena kepribadiannya yang lembut dan mudah senyum, dia jadi disukai para pengunjung yang bahkan jadi sering curhat berjam-jam kepadanya.

Dia ditugaskan ke bagian ke-2 yang menangani masalah lansia di mana bagian dari pekerjaannya adalah mendengarkan obrolan orang tua yang bertele-tele.

 

4. Megumi Chihaya (Megumi, Chihaya)

Megumi ChihayaSeiyuu: Aki Toyosaki

Usia: –

Biografi:

Dia bekerja di bagian yang sama dengan Yamagami yang membuatnya menjadi seniornya.

Dia adalah pegawai kontrak dan bukan pegawai tetap, jadi dia bisa cuti kapan saja.

Chihaya ternyata hobi membaca manga/novel, menjahit baju serta cosplay. Dia juga sering izin cuti mengikuti event cosplay.

Baju cosplay yang dia pakai adalah hasil jahitan sendiri, dan dia sering merayu Yamagami untuk cosplay salah satu karakter seri Mahou Shoujo favoritnya.

 

5. Ichimiya Taishi (Ichimiya)

Ichimiya TaishiSeiyuu: Takahiro Sakurai

Usia: –

Biografi:

Ichimiya telah bekerja selama 8 tahun sebagai pegawai negeri di kantor Departemen Pelayanan Masyarakat, dia juga adalah atasan sekaligus pembimbing para pegawai baru yaitu Yamagami, Hasebe, dan Saya.

Meskipun sudah lama bekerja, dia sepertinya cukup ceroboh dan terkadang masih melakukan beberapa kesalahan.

Dia bertanggung jawab atas bagian 1 dari Departemen Kesejahteraan dan juga atasan langsung Hasebe. Dia memiliki seorang adik perempuan bernama Ichimiya Touko.

Meskipun atasan Hasebe, justru Hasebe lah yang sering mengoreksi kesalahannya dan dia bahkan mengakui telah dilampaui oleh Hasebe dalam beberapa hal.

 


4. Original Soundtrack (OST)

Lagu Opening:
#1: “May I Help You? (めいあいへるぷゆー?)” Oleh Lucy Yamagami (Ai Kayano), Saya Miyoshi (Mai Nakahara), Megumi Chihaya (Aki Toyosaki)

Lagu Ending Theme
#1: “Hachimitsu Doki (ハチミツ時間)” Oleh Lucy Yamagami (CV: Ai Kayano) (eps 1-4, BD 13)
#2: “Hachimitsu Doki (ハチミツ時間)” Oleh Saya Miyoshi (CV: Mai Nakahara) (eps 5-8)
#3: “Hachimitsu Doki (ハチミツ時間)” Oleh Megumi Chihaya (CV: Aki Toyosaki) (eps 9-12)

 

Lagu Opening dan Endingnya dinyanyikan langsung oleh para seiyuu anime ini. Selain lagu op dan ed, OST anime ini biasa saja jadi tidak banyak yang bisa dikomentari


5. Review Penulis

Review Singkat:

 

Servant x Service, anime ini membawa konsep tentang realita dunia pekerjaan sebagai pelayan masyarakat.

Menceritakan tentang 3 pegawai baru di kantor Departemen Pelayanan Masyarakat, mungkin di Indonesia itu mirip seperti Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang mana pekerjaan mereka adalah melayani masyarakat yang ingin mengurus dokumen seperti akta pernikahan, akta perceraian, akta kelahiran, surat keterangan pensiun, dan lain sebagainya.

Di beberapa episode awal anime ini menampilkan beberapa scene dimana mereka sebagai pegawai dimarahi oleh masyarakat dengan berbagai cacian seperti dituduh bermalas-malasan, bekerja lamban, mempersulit masyarakat padahal mereka digaji oleh uang rakyat.

Beberapa scene tersebut memang sesuai dengan realitanya, sebagai seseorang yang pernah magang di kantor Capil semasa SMK dulu, ane benar-benar dapat merasakan feel dari anime ini.

Dimana di sebuah kantor pasti memiliki berbagai karakteristik pegawai, seperti si yang serba bisa, pegawai yang rajin, si pemalas, pegawai yang masih ceroboh meskipun sudah lama bekerja, si sering cuti, dan atasan yang kocak. xD

Yang pasti, anime ini udah memikat hati dan bikin ngakak bahkan dari episode pertama.

Dan yang menarik dari anime ini juga adalah karena mereka menampilkan suasana kantor yang rame dan nggak kaku.

Jika di beberapa anime lain kebanyakan memberikan kesan suasana kantor itu selalu serius, kaku dan taat peraturan. di anime ini justru menunjukkan suasana kantor yang kocak seperti pengunjung yang ngeselin, kejar-kejaran di kantor, dan kekonyolan lainnya.

Karakter favorit ane sendiri di anime ini adalah Hasebe.

Yutaka Hasebe

Kepribadiannya yang santai dan jahil lah yang membuat suasana anime ini jadi lucu, bahkan melihat wajahnya saja udah bikin ane ngakak xD

Servant x Service

Hasebe adalah karakter yang jujur, dan bahkan dia nggak segan-segan bilang bahwa tujuannya menjadi pegawai adalah agar bisa kerja santai dan banyak bermalas-malasan.

Dan sebagaimana anime romco, di anime ini juga terjalin romansa diantara para pegawai, dan tentunya diwarnai dengan berbagai kesalahpahaman serta cewek/cowok yang tidak peka :v

Untuk Character Development nya sendiri cukup kompleks, semua karakter utama di anime ini mendapat bagian masing-masing di setiap episode. Jadi anime ini nggak hanya berfokus menceritakan tentang 2 karakter.

Hasebe & Yamagami

 

Yosh, untuk menutup celah spoiler ane akan sudahi review singkatnya sampai disini, sisanya kalian bisa langsung nonton sendiri, dijamin pasti bakal suka kok :3

Rating dari Penulis:

  • Story : 8.7/10
  • OST : 7/10
  • Grafik : 8.5/10
  • Average : 8.1

 

Kosakata:

Seiyuu: Pengisi Suara


Yosh minna, itulah tadi review singkat anime Servant x Service nya, semoga informasinya bermanfaat bagi kalian yang sedang butuh informasi tentang anime ini ya!

Dan jangan lewatkan review serta berita unik lainnya seputar anime hanya di Laskar Anime Indonesia, sampai ketemu di review berikutnya! ^_^

Keywords:
  • pasangan anime servant x
  • review anime servant x service
  • Servant x Service review
  • servant x service review indo
  • sinopsis anime servent xservice
Comments
Loading...