Take a fresh look at your lifestyle.

Review Anime: Action Heroine Cheer Fruits (Kisah Pahlawan Desa)

63

Laskar Anime Indonesia – Selamat siang untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review mengenai anime yang bisa dikatakan menjadi salah satu anime favorit saya yakni, Action Heroine Cheer Fruits.

Bagi kalian yagn tidak tau, anime ini memfokuskan cerita terhadap insiden di sebuah desa yang memaksa mereka semua menjadi heroine. Tentu saja akan banyak konflik di anime yang bakal tersaji.

Bukan hanya konflik, drama pun akan menghiasi jalan cerita dari anime ini. Biar kalian tidak penasaran, yuk simak reviewnya berikut ini. Namun sebelum itu, jika kalian punya anime yang ingin di review silahkan komentar dibawah yah.


Detail Anime:

Judul Anime

Judul Action Heroine Cheer Fruits
Jepang アクションヒロイン チアフルーツ

Detail

Tipe TV
Status Selesai Tayang
Musim Perdana Summer 2017
Tayang 08 Jul 2017 – 29 Sep 2017
Total Episode 12
Durasi 24 menit
Rating Remaja
Genre Slice of Life, Comedy, School
Studio Diomedéa
Lisensi Sentai Filmworks
Produser TBS, Nippon Columbia, KlockWorx, Hobby Japan, Glovision, RAY, Nichion, GYAO!, Production Ace
Website www.tbs.co.jp/anime/cfru
Skor

PV:


Sinopsis:

Agar dapat menyelamatkan Gedung Pusat Kebudayaan yang dibangun mendiang kakeknya, Shirogane Misaki harus menampilkan suatu pertunjukan yang akan mampu mengundang banyak pengunjung.

Cara paling cepat adalah dengan menciptakan tokoh Action Heroine sebagaimana yang sedang populer dilakukan berbagai kota di Jepang.

Dan setelah menyaksikan aksi Akagi An dan Kise Mikan saat mereka menghibur anak-anak, Misaki lalu mendapatkan ide untuk membentuk tim Cheer Fruits dan memproduksi pertunjukan Action Heroine bagi Kota Hinano.


Jalan Cerita:

Jalan cerita di anime ini tampaknya telah direncanakan dengan matang. Mulai dari alasan awal mengapa para tokohnya perlu membentuk tim Cheer Fruits, hubungan sebab-akibat di antara setiap insiden selalu jelas dan masuk akal.

Sehingga penonton pun akan merasa mudah dan nyaman untuk mengikuti perkembangan ceritanya. Selain itu, anime ini mampu mengatur agar masing-masing episodenya berisi suatu tahapan penting di dalam perkembangan tersebut.

Episode satu hingga enam ini masih pengenalan cerita, di mana kita akan melihat mereka mengumpulkan para anggota untuk menjadi satu tim dalam menjadi Super Hero.

Kenapa saya bilang satu tim? Karena di sini anggotanya bukan hanya menjadi Super Hero, tapi ada juga yang di belakang panggung seperti pengurus, bagian peralatan, efek panggung, bahkan tokoh jahat.

Anime ini cukup menarik karena mereka jadikan acara ini juga sebagai wadah untuk mengenalkan kota Hinano mereka yang penuh dengan perkebunan buah-buahan dan mengajak para turis untuk datang ke Hinano untuk beli buah-buah dan menonton acara Cheer Fruit yang ada di stasiun kereta.

Anime ini juga punya beberapa nilai dari persahabatan, bagaimana mereka membuat suatu pertunjukan, dan kerja sama mereka dalam berakting.

Cerita anime ini juga punya  klimaks yang lebih ke arah psikologis dan endingnya juga bagus dan mengharukan.

Jika kita melihat lebih jelas dari anime ini, mereka lebih mengandalkan konsep sebuah nama dari Seiyuu nya. Tentu saja hal itu dianggap sah-sah saja karena mereka mampu unutk menaikkan pamor dari anime ini.

Walaupun demikian, anime ini tetap kekurangan sesuatu terhadap pemberian cerita yang memiliki sedikit masalah. Tentu saja saya berpikir anime ini menceritakan tentang pahlawan “Superhero” tapi nyatanya hal itu dianggap sebagai pahlawan desa.

Tentu saja hal itu membuat saya agak kaget ketika menontonnya. Akan tetapi, mereka berhasil memberikan kejutan dengan menampilkan tema yang jarang digunakan oleh anime lain.


Karakter:

  • Character Developement

Masing-masing karakter memiliki perannya masing-masing. Bahkan, meski sudah menjadi super hero, kadang ada saja tugas lain yang dilakukan. Contonya Mikan Kise yang menjadi Cheer Yellow, dia juga yang bertanggung jawab membuat skenario atau naskah alur cerita

Selain itu juga ada kehidupan lain dari masing-masing karakter yang tidak kita ketahui. Nanti biasanya akan dijelaskan satu per satu, yang membuat para penonton menjadi lebih paham dan tahu betul sifat dan seperti apa sih dulunya mereka ini.

Informasi Karakter:

  • Misaki Shirogane

Misaki Shirogane, dia ini putri dari keluarga Shirogane ternama, sekaligus ketua OSIS di SMA-nya. Sejak dulu Misaki adalah orang yang pekerja keras, hanya saja setiap yang dilakukannya selalu berakhir buruk.

Bisa dikatakan dia ini selalu punya nasib sial yang menimpanya. Makanya dia suka disebut tidak populer, dan heran kenapa bisa lahir dari keluarga ternama. Mau bagaimana lagi? Soalnya setiap apa yang dilakukannya selalu berakhir sia-sia.

Tapi, sikap optimisi dan pantang menyerahnya itu disegani dan dipercaya oleh teman-temannya, yang membuat dirinya yakin apa yang dilakukannya pasti membuahkan hasil.

  • An Akagi dan Kanon Shimura

Mereka ini selalu bertengkar dalam hal sepele. Yah, yang memulainya sih Kanon duluan. Kanon ini putri dari keluarga kaya raya.

Hanya saja, dalam perlombaan gym dari klubnya. Dia kalah oleh An Akagi, dan dari situlah Kanon ingin sekali menang dan tidak mau kalah dari An Akagi.

  • Roko Kuroki

Roko Kuroki, bisa dibilang sahabat dekat Misaki Shirogane, dia ini yang paling tahu betul kehidupannya Misaki. Apalagi pas lagi Misaki terpuruk. Intinya, sih, selama ada Misaki, pasti ada Roko yang selalu menemani.

  • Yuuki Aoyama

Saudari kembar dari Genki Aoyama. Kalau dibilang kakak adik, memang, malahan Yuuki ini adiknya Genki.

Dan, dia adalah mantan grup idol, tapi kembali ke kota Hinano karena alasan tertentu. Dilihat dari kisah hidupnya sih, kemungkinan dia kembali karena orangnya terlalu parno. Terlalu takut dan selalu berpikir negatif dengan apa yang dilihat di sekitarnya.


Art (Grafis):

Untuk penggambaran menurut saya Diomedea melakukannya dengan sangat baik. Para karakternya dibuat dengan lucu dan terlihat imut. Hanya saja saya agak kecewa dengan animasinya. Benar-benar minim dan sangat hemat gerakan.

Misal ketika adegan bertarung, yang diperlihatkan hanya adegan penting seperti saat menendang, jatuh, keluar efek ledakan, dan lain sebagainya.

Voice-acting-nya juga memiliki kondisi yang kurang lebih sama. Tidak ada masalah besar yang akan sampai mengganggu kelancaran ceritanya atau pun kenikmatan saat menonton anime ini.

Tetapi beberapa ucapan para tokohnya di tengah dialog terdengar seolah diisi secara terpisah dan berdiri sendiri, sehingga mereka kemudian tidak terasa sedang berkomunikasi dan saling merespons di dalam sebuah percakapan.


Musik:

  • Lagu Pembuka: Jounetsu☆Fruit 「情熱☆フルーツ」 oleh Tokimeki Kanshasai 「トキメキ感謝祭」
  • Lagu Penutup: Hi no Ataru Basho 「陽の当たる場所」 oleh Tokimeki Kanshasai 「トキメキ感謝祭」

Para seiyuu di sini selain mengisi suarakan karakter, mereka juga membentuk grup Tokimeki Kanshasai yang sekaligus membawakan lagu pembuka dan penutup dari seri Action Heroine Cheer Fruits.

Lagunya juga keren, lo. Berasa banget idol-nya, apalagi pembukanya yang terdengar begitu ceria untuk mengawali cerita keseharian para Super Hero-nya.

Selain itu, kehadiran dari Seiyuunya juga menjadi nilai tambah untuk anime ini.


Nah sahabat Animers itulah review untuk anime Action Heroine Cheer Fruits. Akhir kata sampai juma lagi di artikel selanjutnya.

11.3

ika menilainya hanya sebagai anime tentang sekumpulan gadis yang ingin tampil di panggung, wajar saja bila anda tidak segera merasa tertarik. Apalagi, dari segi kualitas audio dan visual, anime ini masih jauh di bawah anime-anime lain yang bertema serupa. Namun, jika bersedia melihat di bawah permukaan dan coba menilainya sebagai cerita tentang pembentukan sebuah tim, anda justru akan menemukan bahwa anime ini sebenarnya tidak punya banyak kelemahan yang berarti.

  • Jalan Cerita 9
  • Karakter 18
  • Art 9
  • Musik 9
Comments
Loading...