Take a fresh look at your lifestyle.

Review Anime: Amanchu! (Kisah Renang yang Dibalut dengan Baik)

113

Laskar Anime Indonesia – Selamat sore untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya kaan memberikan sedikit review mengenai anime yang season duanya telah tayang tahun lalu yakni, Amanchu!.

Bagi kalian yang tidak tau, Amanchu! (あまんちゅ!) adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Shuichi Amano, yang mulai serialisasi di Mag Park komik bulanan majalah Blade pada bulan November 2008.

Manga ini kemudian diadaptasikan menjadi sebuah anime dengan produksi studio J.C.Staff. Anime ini tayang di serial TV Jepang antara bulan Juli dengan September 2016 (Summer 2016). Musim kedua serial anime Amanchu! ini akan tayang pada 7 April 2018.

Anime ini juga menghadirkan berbagai konflik serta plot yang unik banget. Selain itu, drama dari anime ini juga akan membuat kamu geleng-geleng kepala loh.

Biar kalian tidak penasaran yuk simak reviewnya berikut ini. Namun sebelum itu jika kalian punya saran anime yang ingin di review silahkan komentar dibawah yah.

Tanpa membuang waktu lama-lama yuk kita mulai reviewnya.


Detail Anime:

Judul Anime

Judul Amanchu!
Jepang あまんちゅ!

Detail

Tipe TV
Status Selesai Tayang
Musim Perdana Summer 2016
Tayang 08 Jul 2016 – 23 Sep 2016
Total Episode 12
Durasi 23 menit
Rating Remaja
Genre Comedy, School, Shounen, Slice of Life
Studio J.C.Staff
Lisensi
Produser flying DOG
Website amanchu-anime.com
Skor 7

PV


Sinopsis:

Ketika harus berpisah dari teman-temannya di Tokyo dan pindah ke Shizuoka yang benar-benar asing baginya, Ooki Futaba tidak pernah berhenti merasa resah. Syukurlah, dia kemudian bertemu dengan Hikari, yang tidak hanya memperkenalkan kepada Futaba kesenangan dalam menekuni Scuba Diving.

Tetapi juga mengajarkan bagaimana cara memandang hidup dengan lebih positif. Dengan Hikari selalu berada di sampingnya, dan juga setelah dia bergabung dengan Klub Menyelam di sekolahnya, kehidupan Futaba yang semula tampak begitu suram pun akhirnya perlahan mulai terlihat terang.


Jalan Cerita (Plot):

Cerita pada anime Amanchu! memfokuskan pada dua karakter utama yang bernama Hikari Kohinata (Panggilannya “Pikari”) dan Futaba Ooki (Panggilannya “Teko”). Pikari orangnya benar-benar sangat ceria dan energik dalam kecintaannya pada menyelam scuba.

Saat menonton episode pertamanya, mungkin kalian akan berpikir “membosankan” atau bahkan “apa apaan ini? Buang buang waktu saja”. Tapi mimin ingin memberitahu kepada kalian bahwa cerita anime ini tidak hanya melibatkan menyelam scuba.

Hal yang mungkin dapat kalian pelajari dari menonton anime ini yaitu, kalian akan diajarkan dasar dasar hingga teknik lanjutan dalam hal menyelam atau diving. Tekanan dalam kedalaman air, perilaku atau sifat air, hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyelam, kalian akan menemukan semua itu dalam anime ini.

Meski sekilas anime ini terlihat seperti bercerita tentang perkenalan Futaba ke dalam dunia Scuba Diving, pada inti yang terdalam dia sesungguhnya hanya ingin mengajak penonton untuk menjalani hidup dengan santai sambil senantiasa berpikiran positif.

Alhasil, karena para tokohnya lebih sering ditampilkan cuma bermain-main, anime ini pun akan terkesan agak hampa dari hiburan. …. Namun, apakah hal ini memang merupakan sesuatu yang buruk?

Ataukah dia hanya terasa buruk karena penonton sudah sangat terbiasa dengan cerita yang penuh dengan aksi mendebarkan, emosi yang mendalam, dan semangat yang tinggi, maka ketika anime ini datang lajunya yang pelan dan sifatnya yang damai, dia seketika akan tampak terlalu asing?

Sebab, walaupun dia memang berjalan lambat, itu bukan secara otomatis berarti bahwa anime ini akan menyia-nyiakan waktu penonton. Penulisan yang baik menjadikan cerita di setiap episode mengalir dengan lancar.

Walaupun demikian, mereka lebih menghadirkan cerita yang tak monoton sama sekali. Sesekali mereka juga menghadirkan comedy yang begitu ngeh banget alisa mampu untuk membuat kalian tertawa.

Tentu saja anime ini juga menghadirkan cerita yang cocok untuk kamu pecinta Diving Scuba (walaupun saya tak tahu artinya apa) tapi anime ini mempau memberikan segala hal mengenai Scuba.


Karakter:

Seperti pada plot cerita tadi, anime ini menceritakan tentang hubungan serta interaksi antar karakter yang berfokus pada persahabatan.

Karakter utamanya yaitu Pikari dan Teko, digambarkan secara dinamis dan penggambaran sempurna untuk karakter anime Slice of Life.

Karakter dari anime ini juga begitu aktif dalam memerankan perannya masing-masing loh. Mereka juga berhasil menyulap anime ini menjadi lebih menarik untuk ditonton karena karakternya.

Walaupun demikian, karakter di anime ini tak begitu sempurna. Mereka kadang-kadang memaksa para karakter memainkan peran yang tak cocok untuk mereka, sehingga hal itu membuat seri ini kehilangan sedikit point.

Tapi itu tak masalah, karena mereka mampu untuk menutupinya.


Berikut daftar karakter serta seiyuu-nya:

Hikari Kohinata (Pikari) [CV: Eri Suzuki]

Futaba Ooki (Teko) [CV: Ai Kayano]

Ai Ninomiya [CV: Saori Onishi]

Makoto Ninomiya [CV: Yuichiro Umehara]

Mato Katori [CV: Shizuka Ito]

Aria (Advisor Cha) [CV: Yurika Kubo]

Ohime [CV: Aya Suzaki]

Kino Kohinata [CV: Kikuko Inoue]

Kokoro Misaki [CV: Ai Yamamoto]

Kotori Misaki [CV: Ai Kakuma]

Kodama Kohinata [CV: Aya Suzaki]


Art (Grafis):

Animasinya sangat bagus, terutama animasi pada air yang bisa jadi merupakan salah satu yang terbaik. Namun, barangkali justru musik latar di anime ini yang akan menjadi bagian paling memorable bagi penonton.

Desain karakter mungkin tidak menggambarkan khas karakter. Menurut mimin sih tidak terlihat begitu buruk dan tidak pula terlihat sangat bagus. Terus gimana min? Grafis karakter walau terlihat begitu, penggambarannya sangat cocok dan sesuai dengan suasana cerita animenya.

Penggambaran visual background sangat mengagumkan, terutama bagian lautnya. Contohnya saat kegiatan klub renang, visual dalam airnya sudah sangat bagus. Bunga sakura yang bersemi dan gugur juga menampilkan kemewahan dari grafis background suasana animenya.


Musik:

  • Opening Anime: “Million Clouds” by Maaya Sakamoto

     

  • Ending Anime: “Futari Shoujo” by Teko & Pikari (CV: Ai Kayano & Eri Suzuki)

Seperti anime Slice of Life pada umumnya, penggunaan musik yang santai nan ringan sangat cocok untuk mengiringi jalan cerita pada anime ini.

Irama musik akustik selama jalan ceritanya benar benar menyejukan hati, serasa ketenangan sedang menyelimuti tubuh.

Khusus pada bagian openingnya, anime ini memberikan sesuaut musik yang luar biasa banget. Bahkan Musik dari anime ini masuk ke list saya selama sebulan karena saking bagusnya musik yang mereka berikan.

Selain itu, ED-nya juga tak kalah bagus. Mereka berhasil memberikan sesuatu yang luar biasa banget loh. Namun ED-nya masih kalah sama Op-nya. Untuk pemberian skor sih anime ini mungkin akan mendapatkan skor yang cukup tinggi.

Tapi itu tergantung bagaimana mereka memperlihatkan segala detailnya.


Nah sahabat Animers itulah review untuk anime Amanchu. Jika kalian punya review sendiri silahkan komentar dibawah yah. Dan juga, kalau kalian punya anime yang ingin di review silahkan komentar dibawah. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

8.8

Relax. Take your time. Enjoy every moment. Sebab hidup tidak harus selalu berupa cerita yang bergegas dari satu titik ke titik berikutnya, tetapi dia juga bisa hanya berarti sekadar menikmati pemandangan dan bersenang-senang bersama orang-orang di sekitar anda.

  • Jalan Cerita 9
  • Karakter 8
  • Art 9
  • Musik 9
Comments
Loading...