Take a fresh look at your lifestyle.

Review Anime: Hinako Note (Anime Moe yang Akan Membuatmu Mimisan)

212

Animers – Selamat pagi untuk semua sahabat Animers. Di pagi yang cerah ini saya akan memberikan sedikit ulasan atau review kepada anime yang memiliki tingkat intensitas Moe yang cukup tinggi yakni, Hinako Note.

Bagi kalian yang tidak tau, Hinako Note memfokuskan diri terhadap kisah keseharian dari sang tokoh utama dalam menjalani kehidupan sekolah. Tentu saja banyak aksi komedi yang mereka tampilkan di anime ini.

Biar kalian tidak penasaran, yuk kita simak reviewnya berikut ini.


Detail Anime:

Judul Anime

Judul Hinako Note
Jepang ひなこのーと

Detail

Tipe TV
Status Selesai Tayang
Musim Perdana Spring 2017
Tayang 07 Apr 2017 – 23 Jun 2017
Total Episode 12
Durasi 23 menit
Rating Remaja
Genre Slice of Life, Comedy
Studio Passione
Lisensi
Produser Media Factory, Sony Music Communications
Website hinakonote.jp
Skor 9

Sinopsis:

Demi mengatasi kekurangannya yang selalu gugup ketika bicara dengan orang lain, Sakuragi Hinako bertekad ingin bergabung ke Klub Drama di SMU Fujimiya.

Ternyata saat ini klub tersebut sedang beristirahat dari semua aktivitas karena sang guru pembimbing sedang berlatih di luar negeri.

Namun berangkat dari usulan Hagino Chiaki, pemilik kafe dan toko buku Hitotose tempat mereka tinggal, Hinako kemudian membentuk kelompok drama sendiri bersama Chiaki dan dua penghuni Hitotose lainnya, Natsukawa Kuina dan Hiiragi Mayuki.


PV


Jalan Cerita:

Anime ini menunjukkan tingkat kreativitas yang cukup tinggi dalam menulis komedi yang berasal dari tingkah laku aneh para tokohnya, namun sayang, hal ini kemudian terganggu oleh kisah Hinako yang ingin belajar pertunjukan drama teater.

Dia dikatakan mengganggu karena pada kenyataannya anime ini sendiri tampak tidak bersungguh-sungguh hendak menyampaikan cerita yang lengkap.

Tentu saja fokus cerita yang mereka tampilkan akan memberikan suatu cara agar sang MC tidak gugup lagi. Dan secara keseluruhan saya tak mempermasalahkan kisah yang agak monoton.

Justru saya cukup memberi penilaian yang meluas terhadap anime ini karena berhasil memberikan plot cerita yang jelas.


Karakter:

Para tokoh di anime merupakan sumber komedi yang kaya. Hal ini juga termasuk salah satu wujud kreativitasnya untuk mengembangkan karakter mereka yang semula terlihat terlalu spesifik menjadi beberapa sisi yang berbeda tanpa harus menyalahi karakter dasar tadi.

Pada Hinako, misalnya, setelah sebelumnya digambarkan hanya sebagai gadis yang akan langsung bersikap seperti orang-orangan sawah bila bicara dengan orang lain.

Anime ini kemudian mampu menambahkan bahwa bukan cuma di saat-saat tertentu, gerakan Hinako ternyata akan berubah kaku setiap kali dia merasa gugup, dan ketika ingin melatih kemampuannya dalam berbicara.

Walaupun demikian, beberapa tokoh terlihat tak begitu aktif dalam memerankan peran mereka. Selain itu, anime ini bertemkana drama dan saya erasa seperti menonton drama di dalam drama.

Untuk penilaian sih, saya akan memberikan skor yang bagus ke anime ini.


Art:

Anime ini menyajikan komedinya dengan sangat baik. Sinematografinya menampilkan punch line dari semua lelucon dengan timing yang sempurna, dan voice-acting-nya mampu mengangkat dengan tepat sisi jenaka dari setiap tokoh.

Memang terdapat sedikit masalah pada tsukkomi yang terkadang datang agak terlambat, tetapi visual dan dialog di anime ini sudah cukup untuk menjelaskan maksud dari setiap lelucon, maka seharusnya masalah ini pun tidak akan banyak berpengaruh.


Musik:

Untuk musik sih, anime menghadirkan sound yang sudah begitu oke. Penempatan suara berhasil diberikan oleh sang penyanyi. Selain itu, gambar yang menyertai OP serta ED juga begitu sesuai banget.


Nah sahabat Animers itulah review untuk anime Hinako Note. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

13.5

Anime ini mungkin menaruh terlalu banyak perhatian pada kisah Hinako. Sebab meski dia memang sangat kreatif dalam menggunakannya sebagai situasi latar bagi komedinya, anime ini belum menunjukkan kemampuan atau pun kesiapan serupa untuk menyajikannya sebagai sebuah cerita yang berdiri sendiri. Maka, sungguh amat disayangkan, keputusannya untuk tetap memperlakukan kisah Hinako dengan serius akhirnya terkesan hanya menghalangi anime ini dari memaksimalkan potensinya yang jauh lebih besar dan menjanjikan di bagian komedi.

  • Jalan Cerita 9
  • Karakter 18
  • Art 18
  • Musik 9
Comments
Loading...