Take a fresh look at your lifestyle.

15 Rekomendasi Anime Terbaik yang Hadir di Tahun 2018

282

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit rekomendasi anime terbaik kepada kalian mengenai anime apa saja yang terbaik di tahun ini.

Tahun ini, terdapat beberapa anime orisinil yang mampu mendongkrak posisi mereka sebagai suatu pesaing yang harus diperhitungkan. Mereka mampu bersaing dengan nama-nama yang sudah terkenal di dunia anime.

Tapi sebelum itu, saya memohon maaf karena artikel ini seharusnya terbit di akhir tahun, tapi saya akan membuat versi baru jika semua anime sudah selesai ditayangkan tahun ini. Jadi stay terus di situs kami untuk mendapatkan pembaruan mengenai anime.

Tanpa basa-basi yuk kita mulai rekomendasinya. Namun sebelum itu, jika kalian punya saran atau anime yang ingin dimasukkan, silahkan komentar melalui kolom dibawah ini. Biar nggak makan waktu lama yuk kita mulai saja.


1 3D Kanojo: Real Girl

3D Kanojo: Real Girl

Suatu ketika dia terlambat datang ke sekolah dan dihukum untuk membersihkan kolam renang sepulang sekolah bersama siswi lain yang juga terlambat. Karena dia tidak berharap banyak pada dunia nyata, dia pergi untuk membersihkan kolam renang sendirian.

Alangkah kagetnya Tsutsui ketika siswi itu sedang membersihkan kolam renang sendirian. Dia tidak menyangka kalau siswi bernama Iroha Igarashi itu benar-benar menjalani hukumannya, karena yang dia tahu, Iroha adalah siswi cantik populer yang dingin kepada semua orang di sekitarnya.

Kebersamaan mereka berlanjut, mulai dari bertemu di sebuah restoran fast food, hingga Iroha akhirnya mulai menyukai Tsutsui ketika pria kurus berkacamata itu membelanya dari salah seorang siswa yang hendak bertindak kasar padanya. Lantas bagaimana kisah mereka selanjutnya?

Anime bisa dikatakan sebagai suatu anime romance yang sangat jarang kita temui di anime lain. Mereka membuat sebuah ending yang bisa dibilang menjadi tanda tanya besar untuk kelanjutan serinya.

Hal itu dimaklumi karena saya mengira bahwa seri ini akan mendapatkan adaptasi sseason 2 atau live-action. Jika melihat secara cerita, anime menghadirkan suatu alur yang tak diprediksiskan sebelumnya.


2 Beatless

Beatless

Dikisahkan pada suatu masa di masa depan, sosok manusia buatan yang disebut sebagai hiE menjadi bagian dari kehidupan manusia dan menangani hal-hal yang tidak bisa dilakukan manusia, salah satunya adalah Lacia.

Pada suatu hari, Arato Endo, seorang pemuda berumur 17 tahun bertemu dengan Lacia. Apa sebenarnya arti dari pertemuan mereka berdua, dan apakah umat manusia bisa hidup berdampingan dengan para hiE?

Jika melihat secara keseluruhan, anime ini menghadirkan cerita yang cukup biasa saja. Dan saya terpikir pertama kali melihat seri ini mirip seperti Plastic Memories. Namun alur yang mereka berikan sangat berbeda.

Mereka memfokuskan cerita yang dimana pembantu disebut juga hIE. Dan di anime PS, disana mereka bisa bekerjasama dengan para Android. Dari segi karakter juga terbilang berbeda, di Beatless mereka menghadirkan protagonis, dan di PS tidak sama sekali.

Bisa dibilang seri ini akan sangat populer jika mampu memberikan suatu hal yang tak masuk akal loh. Saya juga agak heran karena waktu tamatnya juga begitu lama dan mencapai setidaknya 9 bulan untuk anime dengan jumlah episode 20.

Namun beberapa berita menyampaikan bahwa anime ini memang sudah dipersiapkan seperti itu. Karena ingin membuat penonton penasarannya, akhirnya mereka menggunakan strategi untuk mengakali hal itu.


3 Boku no Hero Academia Season 3

Boku no Hero Academia Season 3

“Petualangan” Izuku Midoriya, atau Deku, untuk menjadi hero nomor 1 kembali berlanjut. Sekolah Pahlawan U.A. memberikan program kamp pelatihan kepada para siswa untuk melatih kekuatan tubuh saat menggunakan quirk masing-masing.

Belajar terhadap pengalaman terdahulu saat para villain mampu membobol sistem keamanan sekolah hingga mengganggu ketenangan siswa, U.A. memilih tempat kamp yang terisolir dan hanya beberapa orang saja yang tahu keberadaannya.

Namun, ada saja cara villain untuk kembali membuat ancaman dan menyebabkan korban di pihak siswa, yang membuat peran U.A. sangat dikritisi karena dianggap membiarkan siswanya di tengah-tengah bahaya.

Melalui kejadian inilah, beberapa Pro Hero mulai beraksi untuk melakukan serangan frontal terhadap villain. Pertempuran besar antara simbol kedamaian dengan simbol kejahatan pun tak terelakkan.

Jika melihat season kali ini, mereka memberikan cerita yang mungkin kalian tunggu season keempat  dari seri ini. Tentu saja mereka akan memulai cerita yang melibatkan Deku sebagai pahlawan di masyarakat.

Namun mereka juga harus hati-hati dalam membiarkan cerita yang tak sesuai dengan ekspektasi banyak orang. Saya rasa, season kali ini, mereka menghadirkan suatu hal yang menjadikan anime ini sebagai salah satu yang populer.


4 Citrus

Citrus

Yuzu Aihara harus pindah ke sekolah baru setelah ibunya menikah lagi. Sayangnya, sekolah baru Yuzu adalah sekolah khusus wanita yang ketat akan peraturan.

Di hari pertamanya sekolah, dia tertangkap tangan membawa ponsel, salah satu benda yang dilarang masuk ke lingkungan sekolah. Tidak terima, dia terlibat konfrontasi dengan sang ketua OSIS yang sangat tegas, Mei.

Sepulang sekolah, barulah Yuzu mengetahui bahwa Mei adalah saudara tiri yang dibawa ayah barunya.

Jika melihat anime ini, saya teringat kepada salah satu seri Yuri yang tayang tahun lalu yakni, Netsuzou TRAP. Namun anime ini cukup berbeda karena mereka memulai cerita tanpa suatu set up yang berlebihan.

Sedangkan di NTRAP, mereka memulai cerita dengan adegan panas secara langsung yang otomatis membuat seri ini langsung mendapatkan perhatian. Namun di Citrus, mereka memulai konflik dari bawah dan dari setiap episode ke episode.

Hal itu menurut saya pribadi mampu untuk mendongkrak kepopuleran mereka karena berani mengambil tindakan tersebut. Beberapa orang juga sempat membahas anime ini karena ending yang mereka tampilkan begitu biasa banget.

Namun jika kalian membaca manga-nya, mereka memberikan ending yang diluar dugaan saya. Pokoknya kalian bisa lihat secara langsung dah.


5 Gakuen Babysitters

Gakuen Babysitters

Berkisah tentang kedua kakak-adik yatim piatu bernama Kashima Ryuuichi dan Kotarou yang memulai kehidupan barunya di sebuah asrama dan sekolah elit.

Namun sebagai gantinya Ryuiichi wajib bertugas sebagai pengasuh anak-anak para guru di sekolah tersebut yang dititipkan dalam ruangan asuh untuk anak-anak balita. Sebagai pengasuh, akan ada banyak hal yang Ryuuichi temukan di sana.

Bisa dibilang anime ini memberikan kesan cerita yang bagus buat anak-anak atau untuk para ayah dan pengasuh. Mereka memberikan pengetahuan mengenai perasaan anak-anak ketika berada di suatu kondisi tertentu.

Saya juga merasa cerita yang mereka berikan penuh akan pesan moral yang tak akan kalian sangkat sama sekali. Saya juga berpikiran demikian. Namun dibalik itu, anime ini tetap menghadirkan cerita selingan.

Misalnya hubungan mereka dengan para teman atau wanita, hingga dengan orang lainnya. Saya rasa  itu strategi yang tepat untuk membuat para penonton tak bosan. Namun, jika mereka mencoba memberikan sedikit porsi ke cerita lain pasti akan sangat bagus.


6 Grand Blue

Grand Blue

Iori Kitahara yang memulai kehidupan di tepi pantai harus menghadapi berbagai rintangan ketika dirinya bertemu dengan CHisa, sepupunya yang sangat cantik.

Tentu saja kehidupannya penuh dengan kegiatan yang sangat keras, mulai dari minum-minum, hingga kisah cinta dirinya dengan Chisa serta melawan ketakutannya dengan air laut. Lalu bagaimanakah dirinya dalam menjalani kehidupan tersebut.

Jika saya bisa memilih angka 100, maka anime ini bisa mendapatkan poin yang lebih tinggi. Sangat jarang anime yang bisa menghadirkan komedi yang mampu membuat saya tertawa hingga sakit perut.

Saya tak mengada-ngada seoal itu, mereka memberikan porsi yang lebih besar kepada komedi dibandingkan dengan menyelamnnya. Namun, sekali mereka memberikan pengethauan kalian langsung akan mengerti akan hal itu.

Selain itu, Duo Idiot di seri ini juga memberikan suasana yang lebih hidup dan bagaimana mereka menciptakan komedi yang sangat jarang kalian bisa temukan di anime lain. Mereka juga menghadirkan cerita mengenai minum-minum yang cukup wah banget.

Namun semua itu tak lengkap jika tak ada kisah lain didalamnya. Mereka juga kerap memberikan sisi lain dari sang karakter yang tak diketahui oleh orang lain. Dan tentu saja itu menjadi poin dari anime ini.

Secara keseluruhan, mereka memberikan kesan cerita yang sangat-sangat bagus. Mereka juga memberikan porsi yang sesuai dengan tema yang mereka angkat, namun untuk menyelam saya tak tau mereka memberikan porsi yang cukup atau tidak.


7 Harukana Receive

Harukana Receive

Haruka yang memilik tubuh ideal ini mulai terpikat dengan keindahaan dari pantai Okinawa dan memutuskan untuk membentuk sebuah tim voli pantai bersama saudara sepupunya, Kanata.

Namun, Kanta yang memiliki tumbuh pendek ini mulai menyerah terhadap olahraga tersebut. Meski demikian, Haruka tetap memaksa Kanata untuk kembali ke lapangan pasir sekali lagi dan mengikuti turnamen voli.

Anime ini bisa dikatakan sebagai anime yang memberikan fan service namun tak bisa dikritik karena tema yang merek angkat. Tentu saja saya cukup menantikan setiap episode dari anime tanpa terkecuali.

Mereka kerap memberikan aksi boing-boing pada seri ini dan itu cukup menarik perhatian saya secara biologis. Namun, hal itu bukanlah poin mereka, cerita yang diambil sudah mengindikasikan bahwa seri ini akan populer.

Yap, eksekusi yang mereka lakukan sudah sangat tepat. Dengan memulai cerita dari bagaimana bisa begini, dan bagaimana bisa begitu membuat penonton akan mengerti dengan alur ceritanya.

Selain itu, mereka juga menghadirkan fanservice yang cukup menggugah selera saya. Dan saya tau itu bagian dari ceritanya dan tak bisa dikriitik sama sekali. Mereka juga memberikan kesan karakter yang aktif dalam memerankan cerita.

Namun mareka melupakan poin penting mengenai basic dari sebuah anime olahraga. Mereka memang cukup fokus pada hal didepannya namun menyepelakan hal kecil seperti tata cara dari sebuah olahraga. Tapi itu mungkin bisa dijelaskan pada selingan mereka.


8 Hataraku Saibou!

Hataraku Saibou!

Hataraku Saibou adalah Anime yang menjelaskan bagaimana sistem darah di dalam tubuh kita bekerja dengan visual serta comedy yang menarik. Jujur, baru aja episode 1 langsung banyak memenya di Reddit, terutama karakter yang begitu imut.

Saya sih biasanya nyebut Anime ini dengan sebutan ‘Anime sel darah merah dan sel darah putih’. Kenapa? karena main karakter yang saya lihat di anime ini cuman ada 2 orang (myanimelist), yaitu U-1146 (Darah Putih) dan AE3803 (Darah Merah).

Saya menonton anime ini karena banyak sekali yang bahas di grup-grup anime saya. Tanpa basa-basi lagi, berikut kesan pertama saya ketika menonton anime ini.

Menjadi anime yang begitu dinanti oleh para otaku membuat seri ini begitu populer. Mereka menghadirkan seri yang sangat edukatif dan memberikan pengetahuan seputar sel darah dan istilah lainnya.

Mereka memberikan berkah yang sangat jarang diberikan oleh anime lain. Bahkan sempat ada berita yang menyatakan bahwa seri ini dipakai sebagai alat pembelajaran disebuah sekolah.

Dan hal itu menjadi bukti bahwa anime ini memberikan peran yang begitu luar biasa banget pada industri anime. Dan setiap episode yang mereka tampilkan akan menjelaskan proses ini, itu dan lain-lain.


9 Hinamatsuri:

Hinamatsuri:

Suatu hari, benda aneh tiba-tiba muncul di atas kepala seorang anggota yakuza yang bernama Nitta. Di dalam benda aneh itu, ada gadis kecil yang bernama Hina.

Hina adalah gadis yang memiliki kekuatan supernatural. Kekuatan Hina bisa digunakan untuk pekerjaan yakuza, tapi resikonya juga sangat besar.

Selain itu, apabila dia tak menggunakannya, kekuatannya justru tak terkendali dan menghancurkan apa pun yang ada di sekitarnya.

Kehidupan Nitta dan Hina yang aneh baru saja dimulai.

Hal pertama yang membuatku tertarik kepada anime ini adalah karena genre komedinya. Aku tidak akan mengharapkan apa-apa lagi jika anime ini berhasil membuatku ketawa sampe guling-guling.

Dan itu berhasil, tapi ternyata ini melebihi ekspektasiku. Memang saya menyadari ada sesuatu yang janggal dengan kehidupan gadis bernama Anzu yaitu temannya Hina.

Ia adalah gadis yang gagal membawa Hina kembali ke dunia (?) mereka, dan gagal untuk kembali juga.

Awal-awal sih, cerita dimulai dengan kehidupan mewah Hina dan kekuatannya. Seorang gadis aneh yang tiba-tiba muncul, apa yang akan kaulakukan terhadapnya? Mengadopsinya, tentu.

Lalu dimulailah. Komedi, kehidupan sehari-hari, semuanya berjalan seperti biasa seakan itu adalah anime komedi biasa. Namun mereka mulai untuk memberikan cerita mengenai Anzu maupun Hitomi. Dan Hina langsung dikesampingkan.

Bahkan di Endingnya tak terlihat Hina sama sekali. Tentu saja itu agak membingunkan karena judulnya yang seperti itu. Tapi tak apalah saya juga menikmati alur cerita yang mereka tampilkan.


10 Island

Island

Sebuah pulau bernama Urashima yang terpisah jauh dari daratan ini memiliki misteri yang belum terungkap. Orang-orang di pulau ini menjalani kehdiupan yang begitu tenang. Namun, lima tahun lalu, terdapat tiga keluarga yang pernah mengalami masalah seris.

Orang-orang di pulau ini juga memutus hubungan dengan daratan utama. Namun, tiga gadis dari masing-masing keluarga itu menjadi kunci untuk menyelematakan pulau tersebut.

Namun sangat disayagkan mereka harus terikat dengan tradisi pulau mereka. Sampai suatu hari muncul lah seorang laki-laki yang mengaku dari masa depan denga tujuan untuk mengubah nasib dari pulau tersebut.

Lantas apakah dirinya mampu untuk melakukan hal tersebut.

Anime ini diangkat dari sebuah VN yang populer dan berjudul sama. Pada awalnya saya tak mengira bahwa pusat dari cerita ini ada di Ibu dari sang karakter utama. Mereka mengungkap sang pusat ketika menjelang akhir episode.

Kebetulan juga saya tak memainkan gamenya, saya jgua cukup dibuat heran dengan alur cerita yang mereka buat. Dan bagaiman si rambut kungin ini bisa ada di masa depan dan bagaimana mereka selanjutnya.

Tapi hal itu mulai terpecah-pecah ketika setiap episode ditayangkan. Saya juga mengira bahwa seri ini akan berjalan takb baik, namun mereka mampu membuktikan bahwa seri ini bisa menjadi populer.


11 Karakai Jouzou no Takagi-san

Karakai Jouzou no Takagi-san

“Kalau kau tersipu malu, maka kau kalah”

Dengan berpegang pada prinsip itu, Nishikata yang seorang murid SMP selalu saja dijahili oleh Takagi, gadis yang duduk di sebelahnya. Nishikata yang merasa harga dirinya hancur berantakan, bersumpah untuk membalas perbuatan Takagi.

Namun, meskipun sudah mencoba dengan berbagai cara, pada akhirnya dirinya yang justru jadi korbannya. Dan begitulah kisah komedi remaja ini dimulai. Namun siapa sangka bahwa hal itu merupakan kode dari Takagi yang tak disadari oleh Nihikata.

Cerita yang diusung oleh anime ini berfokus kepada bagaimana cara dari Takagi untuk menjahili Nishikata. Tentu saja beragam cara dilakukan oleh Takagi untuk membuat malu Nishikata.

Dengan trik tersebut penonton bisa menirunya dan mempraktekkan ke teman atau pacarnya. Selain itu, hubungan dari Takagi dan Nishikata bisa dibilang “Teman tapi Mesra”.

Dimana mereka saling menjahili namun Nishikata sering dikalahkan oleh Takagi. Ceritanya juga bisa dibilang tidak membosankan karena setiap episodenya selalu disuguhkan dengan berbagai komedi.

Karakter yang ada anime ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan beberapa tokoh sampingan yang mampu memberikan support kepada karakter utama. Mereka bahkan aktif ketika berada disuatu dialog.

Dari segi art kalian pasti akan dibuat bingung dengan “lebarnya jidat Takagi”. Namun hal itulah yang menjadikan anime ini unik dan jarang dimiliki oleh anime lainnya.

Karakternya yang digambar seperti Chibi ini memnaglah sesuai dengan tema dimana mereka masih remaja. Walaupun demikian, art-nya tidak begitu menggangu ketika menontonnya.

Yah beda lagi jika kamu memang punya kritikan terhadap grafisnya. Tapi sejatinya grafis yang mereka perlihatkan sudah terlihat begitu halus dan tak terlihat kaku sama sekali loh.

Opening dengan judul Iwanai kedo ne serta Ending dengan judul Kimagure Romantic ini memberikan kesan yang cukup mendalam dengan backround pedesaan. Lagunya sendiri bahkan dinyanyikan oleh Rie Takahashi sendir dan tentu saja itu menjadi daya tariknya.


12 Shokugeki no Souma Season 3

Shokugeki no Souma Season 3

Anime ini merupakan salah satu seri yang snagat sukses hingga saat ini. Kesuksesan anime tersebut tidak lepas dari kendali cerita yang begitu memukau dengan menggabungkan school serta drama.

Bercerita tentang seorang anak bernama Yukihira Souma, yang bermimpi menjadi koki utama di kedai ayahnya dan melampaui kemampuan memasaknya. Tapi bersamaan dengan lulusnya Souma dari SMP, ayahnya menutup kedainya.

Ayahnya, Yukihira Jouichirou diminta temannya yang ada di Amerika untuk menjadi koki di sana. Sebelum pergi ke Amerika, Jouichirou memberikan tantangan pada Souma untuk sekolah di sekolah kuliner elit dimana hanya 10% dari siswa yang berhasil lulus.

Souma pun dengan penuh semangat menerima tantangan ini dan berharap suatu saat bisa membuka kembali kedai Yukihira yang ditinggalkan ayahnya.

Fokus pada season ketiga ini bagaimana mereka membuat sekolah menjadi normal kembali setelah ditangani oleh Azami. Tnetu saja akan banyak konflik terjadi di seri ini dan membuat kalian akan emosi.

Dan tata cara mereka menyampaikan cerita akan membuat kamu merasa agak gimana gitu. Kalian mungkin merasa ingin datang dan langsung menonjok mereka.

Saya jgua sedikit memberikan gambaran mengenai anime ini yang mungkin akan membuat saya bingung sendiri dan bagaimana untuk menjelaskan ceritanya. Namun yang pasti, mereka menghadirkan ceritay nag sangat wow banget.


13 Sword Art Online: Gun Gale Online

Sword Art Online: Gun Gale Online

Seri yang menjadi spin-off dari anime Sword Art Online akan tayang musim ini, dan ini merupakan salah satu rekomendasi dari kami. Karena ini merupakan salah satu spin-off dari SAO maka saya menyarankan kepada kalian untuk menonton seri tersebut.

Bercerita mengenai seorang tokoh bernama Kohiruimaki Karen merasa di dunia nyata ini tak ada tempat untuk dirinya. Karena masalah tinggi badannya yang jauh diatas rata-rata, dia sulit berteman dengan gadis-gadis lain seusianya.

Namun, kehidupannya mulai berubah setelah mengenal game VR Gun Gale Online (GGO). Dalam game GGO, ia bebas membuat avatar mungil yang imut. Mungkinkah GGO menjadi tempat terbaiknya untuk mendapatkan teman yang tak ia dapatkan di dunia nyata?

Seri ini bisa dikatakan sebagai salah satu favorit saya dan menjadi hal yang tak mungkin akan saya lupakan. Bisa dibilang cerita ini cukup oke dibandingkan dengan yang aslinya.


14 Tada-kun Koi wa Shiinai

Tada-kun Koi wa Shiinai

Anime berikutnya merupakan salah satu anime genre romantis yang wajib kalian tonton. Berhubung staff yang akan mengerjakan seri tersebut sama dengan anime Gekkan Shoujo Nozaki-kun yang merupakan salah satu anime favorit saya.

Maka rekomendasi ini akan cocok buat kalian. Alur pertama yang diciptakan anime ini begitu kental dengan suasana Jepang dengan murid pertukaran pelajar yang tersesat.

Anime menceritakan seorang Tada Mitsuyoshi yang tak pernah mengenal cinta. Suatu hari, saat Tada memotret bunga sakura, dia bertemu dengan Teresa Wagner, seorang murid pindahan dari Luxembourg.

Tak lama tiba di Jepang, Teresa tersesat dan terpisah dari teman seperjalanannya. Tada kemudian membantunya dan membawanya ke kedai kopi milik kakeknya.

Anime ini bisa dibilang menjadi favorit saya tahun ini. Karena saya pecinta genre Romance, bagi saya anime ini memberikan cerita orisinil yang mampu membuat saya bahagia sekaligus sedih.

Karena mereka memberikan suatu hal yang tak disangka sebelumnya. Dan endingnya juga saya sudah duga akan Bad, namun ternyata menjadi Happy Ending.


15 Mahou Shoujo Site

Mahou Shoujo Site

Bagi kalian yang suka menonton anime yang memiliki tipe Mahou Shoujo, maka ini adalah salah satu saran yang cocok bagi kalian.

Kesan pertama yang ditimbulkan pada anime tersebut adalah ketidakpedulian karakter lain kepada sang tokoh utama, bahkan guru yang mengajar disekolahnya tidak mempedulikan apa yang tengah terjadi pada sang MC.

Namun hal itu berubah ketika ia mendapatkan sesuatu yang menabjubkan dari komputernya, dan ia melakukan pembalasan dendam kepada orang yang telah membully dirinya.

Anime ini menceritakan tentang Asagiri Aya, seorang gadis yang sering diejek teman-temannya di sekolah maupun di rumah. Suatu hari, Asagiri disambut layar komputernya yang tiba-tiba menyala dan terhubung ke situs mengerikan bernama Mahou Shoujo Site.

Anime cocok untuk kalian yang suka genre Horror, Drama dan tentunya Psychological.

Bisa dibilang anime ini memberikan kesan yang agak waw begitu. Mereka menggabungkan Drama dan Supernatural menjadi satu dan keseimbangan yang luar biasa. Saya juga menyukai alur cerita yang mereka tampilkan.

Dibalik semua itu, mereka memberikan kesan karakter yang begitu hidup dan mampu memerankan perannya masing-masing.


Nah sahabat Animers itulah rekomendasi anime yang cock kamu tonton tahun ini. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Comments
Loading...