Take a fresh look at your lifestyle.

10 Rekomendasi Anime Dengan Main Heroine yang Berambut Merah

356

Lama tak jumpa, kali ini saya akan membuat sebuah rekomendasi dengan review singkat yaitu 10 Rekomendasi Anime Dengan Main Heroine yang Berambut Merah

Akhir-akhir ini di kala musim ujian melanda, aku menjadi tertarik untuk menonton (kebanyakan menonton ulang) Anime dengan heroine dengan rambut merah.

Sebenarnya apakah ada arti tertentu atau latar belakang tertetu di setiap karakter wanita dengan rambut merah?

Setelah aku menonton banyak anime dengan fetish ini, jawabannya kebanyakan ada.

Seperti, Morgiana di Magi yang adalah warna keturunan rasnya, atau Yona yang tersambung dengan legenda, atau bahkan Shirayuki yang sering mendapat sial karena rambut merahnya.

Dalam anime-nya sendiri banyak kalimat tentang;

“Merah adalah warna takdir,”, “Merah adalah lambang keberanian.”, “Rambut merah yang membawa petaka.”, dan “Rambut merah yang membawa kebahagiaan.”

Kalau begitu langsung saja, ini dia 10 Rekomendasi Anime Dengan Main Heroine yang Berambut Merah


1. Akagami no Shirayukihime – Shirayuki

Rate MAL : 7.91 & 8.12

Genres: Fantasy, Romance, Drama, Shoujo

Sinopsis:

Anime ini mengisahkan tentang Shirayuki, gadis cantik berambut merah yang tinggal di Kerajaan Tanbarun sebagai seorang apoteker.

Suatu hari, pangeran di Kerajaan Tanbarun mendengar keunikan rambut Shirayuki dan berniat menjadikannya selir (istri simpanan). Akan tetapi Shirayuki menolak dan memutuskan untuk melarikan diri dari kerajaan tersebut.

Dalam pelariannya, ia bertemu dengan seorang laki-laki bernama Zen yang ternyata merupakan seorang pangeran dari negara tetangga.

Mengetahui masalah yang sedang dihadapi oleh Shirayuki, Zen pun mengajak Shirayuki untuk tinggal di negaranya.

Dari sinilah kisah Akagami no Shirayukihime bergulir.

Review Singkat

Salah satu anime genre shoujo yang bisa dibilang best ini memiliki banyak hal yang bagus.

Selain dari karakterisasi, visual, musik, dan ceritanya yang manis, ada juga hal-hal lain yang membuat anime Akagami no Shirayukihime menjadi anime yang layak untuk ditonton, yaitu dengan adanya banyak perkembangan karakter.

Ceritanya sendiri berlatar di dunia pada waktu abad pertengahan, Shirayuki yang memiliki rambut merah cerah seperti apel itu selalu mendapat masalah karenanya, namun terkadang kebahagiaan pun datang.

Tiap episode dari Akagami no Shirayukihime akan selalu diisi dengan perkembangan tiap karakter, dengan datangnya konflik tiap episode, karakter yang ada akan diasah sifatnya menjadi lebih baik.

Jadi tidak akan ada rasa mononton, ataupun kesal karena karakternya yang tidak berubah tindakannya seiring cerita.

Selain itu juga, cerita Shirayuki dan Zen selalu memberikan hal-hal yang sangat manis pula, yah memang genre shoujo selalu memberikan service kisah cinta yang manis.

Anime ini memiliki dua cour, jadi jangan takut ceritanya akan sangat gantung pada episode terakhir cour pertama. Sejauh yang saya ingat, tidak ada plot-hole yang fatal yang menyebabkan ceritanya menjadi buruk.

Semuanya terisi dengan baik, walau pastinya tiap cerita kebanyakan akan selalu ada plot-hole kecil.

Grafiknya juga digambar dengan detail, latar belakang, karakter, semuanya digambar dengan bagus.

Suaranya pun bagus, selain lagu penutup dan lagu pembuka, seiyuu-nya berakting dengan hebat saat mengisi suara mereka. Suara-suara seiyuu-nya pun sangat cocok dengan karakternya.

Musik latar belakangnya pun lumayan indah, aku sangat menyukai musik bagian di mana hal-hal manis atau hal-hal sedih terjadi. Musiknya sangat pas dengan suasananya.


2. Akatsuki no Yona – Yona

Rate MAL : 8.17

Genres: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Romance, Shoujo

Sinopsis:

Anime ini bercerita tentang Yona, putri tunggal kerajaan Kouka berambut merah yang terkenal manja dan kekanak-kanakkan.

Ia hidup dengan damai di istana bersama ayahnya yang anti senjata, Raja Il, dan pengawalnya yang juga merupakan teman mainnya sejak kecil, Son Hak dari klan angin.

Sejak kecil, Yona jatuh cinta kepada Su Won, sepupunya yang ramah dan ceria.

Namun, pada malam ulang tahunnya yang keenam belas, kehidupan Yona berubah total setelah ia menyaksikan Su Won membunuh ayahnya untuk mengambil alih tahta kerajaan.

Sebagai saksi mata, Yona pun nyaris menjadi korban. Beruntungnya, Son Hak berhasil menyelamatkan dan membawanya keluar dari istana.

Sejak saat itu, mereka berdua harus terus bersembunyi dari kejaran Suwon dan pasukan kerajaan.

Insiden tersebut membuat Yona bertekad untuk membalaskan dendam ayahnya. Meskipun sebenarnya, Yona masih menyimpan perasaan cinta kepada Su Won.

Review Singkat

Salah satu anime reverse harem ini benar-benar bagus dan cocok buat ditonton bagi kalian yang menyukai anime dengan genre, kerajaan.

Selain petualangannya, ada banyak hal yang membuat anime Akatsuki no Yona adalah salah satu anime reverse harem yang terbaik.

Ceritanya sendiri bertujuan untuk mengumpulkan para keturunan naga, di saat berpetualang Yona dan Hak akan mendapatkan pengalaman baru yang akan mengasah sifat atau tindakan mereka.

Ya, di anime ini pun banyak perkembangan karakter yang bagus. Terutama perkembangan pada Yona yang adalah karakter dengan sifat paling buruk.

Namun hal itu tidak berlangsung lama karena di petualangan mereka, Yona dan Hak selalu mendapatkan masalah saat mengumpulkan keempat keturunan naga itu.

Konflik-konflik tersebut terkadang berkembang menjadi hal yang besar, seperti penyelesaian masalah negara dan semacamnya.

Karakterisasinya pun cukup bagus. Walau beberapa dari mereka tidak mempunyai karakter yang mempunyai sifat kuat, tapi berkat itu anime-nya memiliki karakter yang menjadi penyegar suasana.

Komedinya pun banyak yang lucu yang mengundang senyum atau bahkan tawa.

Kisah Hak yang menyukai Yona pun dan berusaha mendekatinya sangatlah manis, walau ada beberapa konflik yang membuatnya menjadi sebuah cliffhanger dan saat diselesaikan menjadi service tersendiri.

Grafiknya bagus, saya sedikit lupa bagian latar belakangnya tapi untuk penggambaran bagus digambar dengan baik.

Ekspresi Yona selalu aktif terutama saat dia memberikan ekspresi seriusnya yang membuat para musuh gemetar.

Seiyuu-nya pun berakting dengan bagus dan suara mereka pun sangat cocok pula dengan karakternya.


3. Black Bullet – Enju Aihara

Rate MAL : 7.36

Genres: Action, Sci-Fi, Mystery, Seinen

Sinopsis:

Pada tahun 2021 umat manusia dikalahkan oleh virus parasit bernama Gastrea. Umat manusia terpaksa hidup dalam dinding yang terbuat dari logam Varanium Monoliths yang mampu melemahkan Gastrea.

Tak lama setelah itu, ditemukan “Anak-anak Terkutuk” yang lahir dengan kemampuan super yang dapat mengontrol virus Gastrea.

Dibentuklah pasukan khusus pembasmi Gastrea yang terdiri dari anak-anak tersebut.

Review Singkat

Black Bullet adalah anime adaptasi dari light novel yang berjudul sama yang mempunya unsur martial arts yang hebat.

Bagi kalian yang mencari anime dengan genre martial arts maka anime Black Bullet menjadi anime yang wajib untuk kalian tonton.

Salah satu heroines utama Enju Aihara yang adalah seorang Tenchuu ini menjadi penyegar di anime ini yang mempunyai latar belakang sangat gelap.

Seperti penyiksaan terhadap anak-anak terkutuk, dunia yang diinvasi Gastrea, dan semacamnya.

Karakter utama Satomi Rentarou memiliki sifat yang kuat, ia sudah diasah menjadi karakter yang cocok untuk berada di situasi ini. Dan dia adalah partner-nya Enjuu.

Hal yang menarik di anime ini adalah konflik internal, karena di saat invasi Gastrea ini, ada banyak hal-hal yang menganggu dan memberikan misteri tersendiri.

Juga sebagai penyegar, anime ini banyak memperlihatkan loli sebagai pemanis dan … yah selebihnya tonton aja.

Ceritanya memang agak terkesan gantung, ya maklum sih anime adaptasi light novel selalu begini. Perkembangan karakternya pun agak kurang, ceritanya memang tidak terlalu datar namun tidak terlalu bagus juga.

Tapi untuk action anime ini benar-benar pas buat ditonton.

Di musik ada hal yang paling saya sukai selain pengisi suaranya, yaitu lagu pembuka dan penutupnya yang sangat enak didengar. Lagu penutup ada 2 dan lagu pembuka hanya 1.

Musiknya sangat indah untuk lagu penutup, sedangkan untuk lagu pembuka sangat penuh energi, di video pembukanya pun bersinkronisasi dengan baik.

Grafik bisa dibilang lumayan, memang sangat susah untuk aku katakan sangat bagus, tapi grafik untuk anime ini bisa dibilang bagus.

Penggambaran karakter yang terluka, ataupun yang terkena infeksi sangatlah kelam, hal itu memberikan sisi baru pada anime ini.


4. Fairy Tail – Erza Scarlet

Rate MAL : 8.05, 8.09, & 8.27

Genres: Action, Magic, Adventure, Fantasy, Comedy, Shounen

Sinopsis:

Berlatar di sebuah dunia fiksi, di mana terdapat Guild penyihir bernama “Fairy Tail”. Guild ini bertempat di kota Magnolia, yang berada di Kerajaan Fiore. Saat ini guild tersebut dipimpin oleh Makarov.

Lucy Heartfilia, seorang gadis 17 tahun yang ingin menjadi penyihir. Dia memutuskan untuk bergabung dengan salah satu Guild penyihir paling terkenal, Fairy Tail.

Suatu hari, secara kebetulan ia bertemu dengan Natsu Dragneel yang mabuk kendaraan. Saat bertemu dengannya, Lucy tidak tahu bahwa Natsu adalah penyihir anggota dari guild Fairy Tail.

Review Singkat

Baiklah, baiklah, baiklah. Siapa yang tidak mengenal Erza Scarlet dari anime Fairy Tail?

Erza Scarlet adalah karakter yang mempunyai sifat keras dan tidak tahu malu (pengecualian jika ada Jellal).

Dan anime Fairy Tail adalah anime yang diadaptasi dari majalah mingguan, yang berarti pastinya memiliki episode dengan kuantitas sangat banyak.

Ceritanya yang berpusat pada sihir dan guild bernama Fairy Tail ini memberikan banyak fanservice yang indah dan terkadang … kelam.

Cerita aksinya pun sangat bagus, walau seperti biasa masih banyak plot-hole di sana sini di saat cerita semakin jauh, entah pengadaptasiannya atau mungkin memang kesalahan penulisnya.

Tapi bisa dimaklumi semakin jauh ceritanya, maka semakin sulit pula menutup plot-hole.

Cerita di cour awal sangatlah fantastis, namun seiring cerita Natsu Dkk melawan musuh yang sangat-sangat kuat yang bahkan tidak mungkin bisa mereka kalahkan.

Lalu jawaban untuk mengalahkannya adalah hal klise yang sering dipakai di anime-anime lama, yaitu kekuatan pertemanan. Nah, hanya ini saja kekurangan dari Fairy Tail.

Selebihnya bagus, dari fanservice yang seksi, cerita yang menarik, tema yang menarik.

Hanya itu saja kekurangan Fairy Tail.

Grafik sih jangan ditanya ya, untuk anime adaptasi dari majalah mingguan biasanya memiliki staff tersendiri. Jadi kualitas selalu terjamin.


5. Hataraku Maou-sama! – Emi Yusa / Emilia Justina

Rate MAL : 7.96

Genres: Comedy, Demons, Supernatural, Romance, Fantasy

Sinopsis

Anime ini bercerita tentang raja iblis bernama Maou Sadao yang terkenal akan kebengisannya — yang tinggal selangkah lagi berhasil menaklukkan Ente Isla.

Namun sayang, usahanya dalam menaklukkan Ente Isla harus gagal total ketika umat manusia yang dipimpin oleh Hero Emilia melakukan perlawanan besar-besaran.

Karena terdesak oleh serangan umat manusia, si raja iblis pun terpaksa melepas ranah kekuasannya di Ente Isla dan memutuskan untuk kabur ke dimensi lain bersama salah satu jendral setianya, Ashiya Shirou.

Malangnya, Maou-sama & Ashiya malah terlempar ke bumi, dimana mereka berdua tidak dapat menggunakan kekuatannya secara penuh.

Tanpa magic, tanpa pengalaman kerja dan tanpa ijasah pendidikan, Maou dan Ashiya pun berusaha mencari pekerjaan agar bisa bertahan hidup di bumi.

Review Singkat

Sepertinya kebanyakan sudah pada tahu siapa Emi Yusa dan anime seperti apa Hataraku Maou-sama! itu.

Anime komedi ini, memberikan banyak hal yang membuat penonton tertarik dan menjadi anime yang paling ditunggu S2-nya yang entah akan ada atau tidak.

Cerita yang berpusat pada Raja Iblis miskin Maou yang menjadi pekerja di sebuah restoran cepat saji bernama MgRonald.

Sebenarnya apa yang membuat anime ini begitu ditunggu?

Selain dari cerita dan perkembangan karakternya, anime ini memiliki tema yang unik dan komedi yang sangat lucu, dan hal seperti ini sangatlah jarang ditemui.

Makanya anime ini menjadi anime yang pas untuk direkomendasikan.

Karakter Maou dan Emi yang adalah seorang raja iblis dan pahlawan itu seharusnya menjadi hal yang kontras, namun utara dan selatan akan saling menarik jika diibaratkan dalam konteks magnet.

Artinya, walau mereka adalah musuh di dunia sebelumnya, tapi di dunia manusia mereka mau tak mau bekerja sama untuk melawan konspirasi gereja atau teman-teman Maou seperti Lucifer.

Ceritanya memang tidak terlalu berat di anime-nya walau nantinya di light novel akan menjadi lebih berat.

Dengan begitu, Hataraku Maou-sama! Adalah anime yang wajib untuk ditonton oleh siapa pun.


6. Highschool DxD – Rias Gremory

Rate MAL : 7.59, 7.75, 7.65, & 7.52

Genres: Action, Ecchi, Romance, Comedy, Harem, School, Demons

Sinopsis:

Anime ini berkisah tentang Hyodo Issei, seorang murid SMA yang terkenal akan kemesuman dan juga kebodohannya.

Suatu hari, dia dibunuh oleh pacar pertamanya di kencan pertamanya.

Beruntung Gremory Rias, yang juga merupakan seorang perempuan paling populer di sekolahnya, menghidupkan Issei kembali.

Akan tetapi, Issei tidak dihidupkan sebagai manusia, melainkan sebagai iblis dan menjadi bawahannya Rias.

Review Singkat

Saya yakin banyak dari kalian yang sudah menonton salah satu anime hard ecchi ini.

Anime yang diadaptasi dari light novel ini memiliki sisi yang unik yaitu fanservice-nya yang sangat berlebihan, namun anehnya itu bukan menjadi hal yang buruk dan malah menjadi ciri khas anime ini.

Walau memiliki fanservice berlebihan, anime ini sendiri memberikan cerita yang seru dan menarik, dan juga komedi yang lucu. itulah mengapa anime ini menjadi anime yang mempunyai banyak fans dan memiliki rating di MAL yang lumayan tinggi untuk anime hard ecchi.

Ada banyak hal bagus di sini, selain dari heroines yang waifuable, sifat MC Issei yang super mesum ini menjadi daya tarik tersendiri dari anime ini.


7. Mahoutsukai no Yome – Hatori Chise

Rate MAL : 8.23

Genres: Fantasy, Magic, Shounen, Slice of Life

Sinopsis:

Chise Hatori adalah seorang anak yang dikucilkan oleh masyarakat lantaran mampu melihat makhluk-makhluk ghaib.

Putus asa atas nasibnya, ia pun memutuskan untuk menjual dirinya dalam suatu lelang untuk para penyihir.

Di sanalah ia dipertemukan dengan Elias, seekor kambing seorang penyihir yang membeli Chise untuk dijadikan murid, sekaligus dipersiapkan untuk menjadi pengantinnya.

Review Singkat

Salah satu best anime di winter 2017 ini memang sangat wajib untuk ditonton bagi penggemar genre fantasy.

Selain ceritanya yang unik, tema fantasinya yang kental pun menjadi titik utama di anime ini.

Siap-siap saja, kamu yang belum nonton akan selalu dikejutkan di tiap arc di anime ini.

Kisah fantasinya benar-benar kental, diiringi dengan musik-musik latar belakang yang memberikan suasana dunia fantasinya pun sangatlah indah.

Penggambaran karakter dan latar belakang fantasinya pun sangat menakjubkan, makhluk-makhluk fantasinya sangatlah unik dan berbeda dari animeanime fantasi lainnya.

Lagu pembuka dan penutupnya sangatlah indah, terutama yang paling saya suka adalah lagu pembuka course pertama yang sangat sinkron dengan video-nya.

Juga ceritanya yang sebelumnya penuh misteri mulai terbuka tiap episode, karakter utama Chise pun akan berkembang seiring cerita.

Kisah romantisnya pun sangatlah manis walau dengan tengkorak.

Walau ada beberapa kekurangan, tapi tidak membuat anime ini menjadi anime buruk.


8. Rakudai Kishi no Cavalry – Stella Vermillion

Rate MAL : 7.73

Genres: Action, Romance, Ecchi, Fantasy, School

Sinopsis

Anime ini menceritakan tentang sekolah penyihir yang menggunakan sihir modern. Dalam pertempuan, penyihir menggunakan senjata yang merupakan perwujudan dari jiwa mereka.

Kurogane Ikki belajar di sekolah ini untuk menjadi Kesatria Sihir, namun dia disebut sebagai “Kesatria Gagal” karena tidak memiliki kekuatan sihir.

Suatu hari, ia ditantang berduel dengan Stella, seorang putri dari negeri seberang yang merupakan murid nomor satu.

Review Singkat

Rakudai Kishi no Cavalry adalah anime dengan genre martial arts dan sword arts.

Bagi saya yang menyukai teknik-teknik dalam seni pedang, anime ini memberikan service tersendiri bagi saya. Yaitu teknik-teknik pedangnya yang diperlihatkan dan dijelaskan dengan baik.

Selain itu juga, ceritanya lumayan seru walau sangat gantung di akhir episode. Yah kebiasaan adaptasi LN.

Namun sayangnya hal yang menakjubkan di anime ini hanyalah sword arts-nya saja, ceritanya sendiri tidaklah semenakjubkan grafik di bagian action dan teknik pedangnya, tapi juga tidaklah buruk.

Ceritanya terlalu cepat, perkembangan karakternya terlalu lambat, fanservice pun kurang cocok.

Tapi tetap saja, anime ini masih cocok untuk direkomendasikan berkat bagian action-nya yang bagus.


9. Shakugan no Shana – Shana

Rate MAL : 7.64, 7.71, & 7.66

Genres: Action, Drama, Fantasy, Romance, School, Supernatural

Sinopsis:

Dahulu kala, seorang penyair menemukan bahwa ada makhluk-makhluk yang bukan penghuni dunia ini membaur di tengah-tengah manusia.

Mereka berasal dari dunia lain yang kemudian disebut sebagai Guze. Para penghuni Guze yang menyeberang ke dunia manusia disebut Guze no Tomogara.

Untuk dapat bertahan dan melakukan berbagai hal di dunia manusia, para Tomogara membutuhkan kekuatan yang disebut Sonzai no Chikara atau kekuatan eksistensi manusia.

Beberapa tahun berlalu, suatu hari, gadis Flame Haze tak bernama melihat Tomogara memangsa banyak sekali manusia di sebuah kota di Jepang. Salah satu korbannya adalah Sakai Yuji, seorang siswa SMA biasa.

Saat dia menyaksikan rinne memakani sonzai no chikara dari orang-orang itu,

Yuuji dengan kebingungan berteriak untuk menghentikannya dan menarik perhatian

rinne tersebut yang segera menyadari bahwa Yuuji adalah seorang mistess dengan hougu dalam tubuhnya yang membuat dia bisa bergerak dalam fuzetsu.

Review Singkat

Shakugan no Shana termasuk anime lama, akan tetapi anime yang juga diadaptasi dari light novel ini memiliki grafik yang bagus untuk anime tahun 2006.

Ceritanya sendiri hanya memiliki satu titik namun selalu dirumitkan, yaitu Shana ingin bersama Yuuji lagi sudah. Namun jalan ceritanya membuat hal itu semakin sulit dan rumit.

Tapi itulah yang menjadikan anime ini cocok untuk ditonton bagi penyuka genre supernatural dan action.

Shana yang sifatnya agak labil kalau ada hubungannya dengan Yuuji bisa dibilang keren, jurus-jurusnya memberikan service visual tersendiri bagi penonton.

Pertarungan-pertarungannya sangatlah seru untuk ditonton, ceritanya memang hanya memiliki satu titik utama, namun tiap arc sangatlah seru.

Shakugan no Shana sangatlah wajib untuk kalian tonton.


10. Steins; Gate – Kurisu Makise

Rate MAL : 9.14 & 8.64

Genres: Sci-Fi, Thriller

Sinopsis

Anime ini bercerita tentang Okabe Rintaro, seorang pemuda autis nyentrik yang suka berkhayal dan menyebut dirinya sebagai seorang mad scientist

Bersama dengan ahli komputer bernama Hashida Itaru dan gadis ‘kikuk’ bernama Shiina Mayuri(?), mereka mendirikan laboratorium kecil untuk bereksperimen terhadap benda-benda elektronik.

Lewat sebuah kebetulan luar biasa, mereka tak sengaja menciptakan sebuah mesin waktu sederhana dari hasil modifikasi sebuah handphone dan microwave.

Meski masih sangat primitif, mesin waktu tersebut terbukti benar-benar bisa mengubah masa lalu. Dengan bantuan Makise Kurisu sang gadis jenius,

Okabe pun terus melakukan eksperimen demi memahami cara kerja mainan barunya.

… Layaknya kisah-kisah bertema time travel lainnya, bukan kebahagiaanlah yang mereka dapatkan setelah menciptakan mesin waktu tersebut,

melainkan beragam peristiwa mengerikan yang justru timbul akibat adanya mesin tersebut.

Okabe dan kawan-kawan terjerumus dalam konspirasi besar ulah organisasi SERN..

Dengan segala keterbatasan, mereka harus berjuang untuk menghindari bencana besar yang membuat dunia di masa depan menjadi distopia.

Review Singkat

Siapa yang tidak tahu anime yang diadaptasi dari novel visual ini?

Cerita tentang adventure-science dan time travel, ini adalah anime yang sangat seru dan menakjubkan.

Ceritanya benar-benar fokus, konteksnya terkesan berat namun ternyata ceritanya sangatlah mudah untuk dipahami. Terutama bagi kalian yang sudah terbiasa menonton anime adaptasi dari novel visual.

Kisah romantis antara Kurisu dan Okabe pun menjadi daya tarik lainnya dari anime ini, pengorbanan-pengorbanan yang dilakukan Kurisu dan Okabe, alur waktu yang berubah-ubah.

Menjadi daya tarik dari anime ini. Penyelesaian masalahnya sangatlah tuntas, konfliknya membuat penonton ikut terbawa suasana.

Ceritanya dibuat tanpa meninggalkan plot-hole. Walau pada episode awalan kalian harus kuat liat keautisan Okabe. Namun nantinya kalian akan terbiasa, dan akan berpikir Okabe itu cocok menjadi Protagonis.

Selain itu juga, ada banyak role atau peran yang dimiliki tiap karakter dan mereka semua memiliki peran yang aktif dan tidaklah pasif, seakan berkat dunia berubah orang-orang pun ikut berubah.

Maka dari itu Steins; Gate sangatlah wajib untuk ditonton, terutama bagi kalian yang menyukai misteri dan adventure-science.


Sebenarnya masih banyak anime dengan main heroine berambut merah, apa lagi karakter wanita dengan rambut merah.

Namun untuk sesi kali ini sampai sini dahulu, apakah ada sesi kedua rekomendasinya? Entahlah, walau sekarang sudah musim libur  dan banyak waktu luang, bukan berarti saya akan punya banyak waktu luang.

Karena masih banyak anime yang belum saya tonton, apa lagi musim winter 2018 yang belum sempat ditonton.

Kalau begitu itu saja buat 10 Rekomendasi Anime Dengan Main Heroine yang Berambut Merah

Sampai jumpa lagi di Laskar Anime Indonesia!

Comments
Loading...