Take a fresh look at your lifestyle.

15 Rekomendasi Anime dari Berbagai Genre yang Wajib Kamu Tonton! Part 3

69

Laskar Anime – Selamat malam soba Laskar Anime. Bagaimana kabar kalian hari ini? Apa baik-baik saja?. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan rekomendasi anime dari berbagai genre yang wajib kamu tonton.

Rekomendasi ini kami ambil dari beberapa artikel yang telah kami terbitkan sebelumnya, namun kami hanya memilih yang memang terbaik dari yang terbaik. So jika kamu punya anime yang cocok untuk di rekomendasikan, yuk komen dibawah.

Tanpa basa-basi yuk kita mulai saja rekomendasinya.


1 Accel World

Accel World

Suatu hari di musim gugur tahun 2046, Haruyuki berjumpa dengan Kuroyukihime, gadis tercantik di sekolahnya. Untuk anak sekolah menengah yang sering diganggu, perjumpaanya itu membuat hidupnya berubah.

Melalui suatu program misterius yang diperlihatkan Kuroyukihime, Haruyuki mulai merasuki dunia yang disebut Virtual Accel World. Sejak saat itu, dia dari seseorang yang dianggap remeh oleh murid – murid lain menjadi “Burst Linker”, seorang ksatria di Accel Wolrd.

Anime ini menceritakan kisah yang terjadi di tahun 2043 dimana teknologi berkembang dengan cepat karena telah beredar sebuah alat yang diberi nama “Neuro Linker” yang dipasang di leher. Alat ini akan terhubung ke otak.

Dengan alat ini, memungkinkan si penggunanya berkirim email, telpon, sms, dan sebagainya. Otak diibaratkan seperti komputer yang bisa diakses folder-folder di dalamnya.

Dari segi grafis, anime ini memperlihatkan kualitas yang luar biasa banget. Terlihat beberapa pergerakan dari karakternya sangat halus. Tentu saja hal itu menjadi point utama dari anime ini.

Untuk lagu opening pertama di nyanyikan oleh salah satu penyanyi yang terkenal yaitu May’n dengan judul Chase the world. Lalu opening ke-2 yang memiliki beat seperti opening pertama Burst The Gravity dari ALTIMA.

Untuk ending pertama KOTOKO juga menyanyikan lagu yang berbeat dengan judul unfinished. Lalu ending ke-2 berbeda dengan lagu lainnya, karena bergenre Pop-Rock yang berjudul Unite oleh Sachika Misawa


2 Akatsuki no Yona

Akatsuki no Yona

Putri Yona hidup dalam kenyamanan dan kemewahan. Ia tinggal di Kerajaan Kouka yang damai dan terlihat tanpa ada masalah. Namun, tiba-tiba ayah Yona yang seorang raja dikhianati dan dibunuh oleh sepupu kesayangannya Soo-won.

Hidup Yona yang kini dalam bahaya, memaksanya untuk melarikan diri bersama Son Hak yang merupakan teman masa kecil dan pengawalnya. Yona baru menyadari ternyata Kouka bukanlah tempat ideal seperti yang selama ini ia bayangkan.

Kemiskinan, perselisihan dan korupsi yang merajalela membuat reklamasi takhta tak lebih dari angan-angan yang diberikan kerajaan saat ini.

Inilah kisah perjuangan Yona dalam mengembalikan kejayaan Kouka dengan menghadapi para pasukan Raja Kouka yang baru.

Sekilas dari anime ini masing-masing menyajikan karakter yang berbeda-beda. Hal itu didasari dengan warna rambut mereka. Selain itu, kisah masalah lalu sang karakter juga bisa dibilang berbeda dan menggambarkan bagaimana sifat asli mereka terbentuk.

Selain itu, semua tokoh yang terlibat disini begitu aktif dalam memainkan peran mereka, jadi kamu akan merasa tidak bosan ketika menonton seri yang satu ini.

Kualitas gambar yang disajikan terbilang begitu unik dan cukup memukau. Pergerakannya terbilang sangat halus. Grafisnya bisa dibilang begitu memukau untuk anime yang rilis pada tahun 2014.

Jadi mata kalian akan dimanjakan dengan kualitas grafisnya sendiri.

Untuk musicnya sendiri cukup menggambarkan bagaimana perjuangan Yona dalam membalaskan dendamnnya. Namun siapa sangka, bahwa di musik tersebut juga memiliki alunan yang cukup indah.


3 DanMachi

DanMachi

Rekomendasi selanjutnya merupakan salah satu seri yang sangat disukai oleh para otaku. Dewi Hestia yang sangat dikagumi oleh para otaku menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari anime ini.

Cerita yang dibawakan juga terbilang cukup memukau karena mengambil alur dunia fantasi atau dunia isekai sehingga menjadikannya sebagai salah satu seri yang wajib untuk ditonton.

Sebagai seorang petualang yang tinggal di Orario, Bell Cranel menjadi satu-satunya anggota dari Hestia Familia.

Meskipun ia sangat lemah dibandingkan dengan petualang veteran lainnya, ia mendapatkan kemampuan khusus yang memungkinkannya dapat menjadi lebih kuat dengan cepat, secepat perasaannya terhadap Aiz.

Dibantu oleh Dewi Hestia dan orang lainnya, dia bersumpah untuk menjadi cukup kuat untuk berdiri disamping Aiz dan melindungi semua orang yang berharga baginya.

Anime ini bisa dikatakan menjadi salah satu anime favorit saya hingga saat ini. Mereka mengusung konsep yang sangat baik untuk sebuah anime yang menggabungkan unsur action dan romance. Cerita yang mereka hadirkan juga mampu memberikan kesan yang luar biasa di setiap episode-nya.


4 Hataraku Maou-sama

Hataraku Maou-sama

Seri ini terbilang akan populer jika dibuatkan seri selanjutnya. Pasalnya dalam light novelnya sudah hampir mencapai klimaks dari cerita tersebut. Seri yang juga sangat bagus ini akan sangat disayangkan jika tidak memiliki season selanjutnya.

Karena kalah bertempur dengan Emilia dan pasukannya, Raja Iblis Maou Satan bersama salah satu jendralnya, Alcel melarikan diri dari dunia Ente Isla ke planet Bumi tepatnya di kota Tokyo, Jepang.

Namun karena di bumi tidak ada sumber kekuatan sihir, mereka berubah menjadi layaknya manusia biasa.

Untuk bertahan hidup, Maou memutuskan untuk bekerja paruh waktu di sebuah restoran makanan cepat saji bernama MgRonald, sementara Alcel tinggal di apartemen untuk mengurus keperluan rumah.

Suatu hari, dijalan Maou bertemu dengan seorang gadis bernama Yusa Emi yang ternyata adalah sang Pahlawan Emilia.

Saya meras bahwa cerita yang mereka berikan sangat berbeda dengan anime lainnya. Karena mereka menghadirkan tema yang cukup unik dan jarang dimiliki oleh anime lainnya. Saya mengira bahwa itu taktik agar para penonton merasa ikut ke dalam anime tersebut.

Selain itu, unsur komedi dan romantis dari anime ini juga diperlihatkan dengan begitu baik loh. Saya tak melihat celah sama sekali untuk memberikan kritikan terhadap kualitas dari anime ini. Dan secara keseluruhan saya merekomendasi seri ini kepada kalian.


5 Sword Art Online

Sword Art Online

Rekomendasi selanjutnya adalah anime yang sudah sangat terkenal dikalangan para otaku. Cerita yang disajikan dalam anime mengambil tema mengenai game VR (Virtual Reality) yang membuatnya menjadi salah satu anime populer sepanjang masa.

Pada tahun 2022, sebuah game virtual reality yang dapat dimainkan secara masal dirilis ke pengguna. Game ini disebut dengan Sword Art Online (SAO).

Dengan menggunakan NerveGear, berupa helm yang digunakan pemain untuk mengontrol karakter game mengikuti pikiran pemain. Pada tanggal 6 November, sebanyak 10.000 pemain login ke SAO untuk pertama kalinya dan menyadari bahwa mereka tidak bisa logout.

Mereka dipaksa harus mencapai ke kastil lantai 100 untuk mengalahkan bos terakhir agar dapat bebas. Mereka yang mengalami kekalahan dalam game, atau pun melepas NerveGear sebelum selesai permainan akan mengakibatkan kematian di kehidupan nyata mereka.

Anime ini bisa dikatakan sebagai salah satu anime populer saat itu. Mereka menghadirkan cerita yang begitu oke dan tak terlihat kaku sama sekali loh. Saya juga memberikan saran kepada kalian untuk menonton seri ini karena mereka menghadirkan cerita yang sangat memukau.

Selain itu mereka menghadirkan grafik yang cukup memukau. Pergerakan dari masing-masing karakternya juga berhasil diselraskan. Secara keseluruhan saya memberikan point yang cukup besar terhadap anime ini.


6 Ao Haru Ride

Ao Haru Ride

Anime ini bercerita tentang Yoshioka Futaba, seorang cewek yang kehidupan SMP-nya tidak begitu menyenangkan. Sifatnya yang feminim dan pemalu membuat banyak cowok jatuh hati padanya … dan hal itulah yang membuat cewek-cewek mengucilkannya karena merasa dengki padanya.

Padahal sebenarnya Futaba antipati terhadap cowok. Satu-satunya cowok yang mampu menarik perhatiannya hanyalah Tanaka Kou. Namun sayangnya, saat liburan musim panas di tahun pertama SMP-nya, Kou harus pindah sekolah.

Sejak saat itu, Futaba terus memendam perasaan cintanya tanpa pernah bisa ia utarakan. Kala menginjak bangku SMA, dia berusaha mengubah kepribadiannya. Yaitu dengan bersikap tomboi agar cowok-cowok menjadi ilfeel padanya.

Dengan cara seperti inilah dia tidak akan lagi dikucilkan oleh cewek-cewek seperti yang terjadi di masa SMP-nya. Saat dia mulai menikmati kehidupan SMA-nya dengan damai, dia bertemu kembali dengan Kou.

Namun Kou yang sekarang berbanding 180 derajat dengan Kou yang ia kenal saat SMP dulu. Kini keduanya telah berubah. Bisakah cinta mereka bersemi kembali?

Menurut saya pribadi, karakter yang ada di anime ini sudah memperlihatkan hal yang sangat bagus. Dengan bantuan dari karakter pendukung membuat MC dan Heroinenya memberikan sesuatu yang luar biasa.

Dengan bantuan studio I.G membuat kualitas grafis dari anime ini begitu terlihat banget. Pergerakan dari karakternya yang halus dan tak terlihat kaku sama sekali menjadi daya tarik tersendiri.

Opening berjudul “Sekai wa Koi ni Ochiteiru” by CHiCO with HoneyWorks dan Ending berjudul “Blue” by Fujifabric. Lagu yang mereka perdengarkan begitu indah untuk kalian dengar.


7 Nijiro Days

Nijiro Days

Setelah ditinggalkan pada hari Natal, Natsuki bertemu Anna, seorang gadis cantik yang menghiburnya, dan dia jatuh cinta. Setelah menyadari dia satu sekolah dengannya, Natsuki memutuskan untuk pergi setelah dia dan teman-temannya – dan Anna – memiliki banyak campur tangan untuk dilakukan.

Nijiro Days bisa dibilang sebuah anime yang sangat-sangat stereotip. Cerita yang mereka unsung tak hanya berpusat pada satu karakter saja tetapi banyak karakter lainnya sehingga membuat anime ini menjadi lebih menarik untuk ditonton. Selain itu, mereka jgua memberikan berbagai komedi menarik lainnya.

Bisa saya pastikan bahwa kalian akan ketagihan ketika menonton seri yang satu ini karena mereka coba menghadirkan kesan cerita yang luar biasa banget. Bahkan saya selalu mengulangi untuk menonton seri yang satu ini loh.

Namun sangat disayangkan bahwa durasi dari anime hanya 15 menit saja dan terbilang cukup singkat. Namun Nijiro Days mendapatkan 24 episode.


8 Seiren

Seiren

Pada masa remajanya, Kamita Shouichi menemukan tiga gadis yang bisa membuat dirinya memiliki masa depan dengannya. Hikari Tsuneki yang selalu ceria, yang menggoda Shouichi tanpa ampun, tapi sebenarnya memiliki sisi yang lebih lembut.

Tooru Miyamae, yang mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, gamer kompetitif. Dan teman masa kecil Shouichi, Kyouko Touno, penggemar manga shoujo yang terkadang tidak dewasa.

Seiren menceritakan Shouichi dengan ketiga gadis ini di tiga jalan cerita yang terpisah, karena perasaan mereka tumbuh dari ketertarikan satu sama lain dan tumbuh menjadi sesuatu yang lebih indah.

Ketika saya menonton Anime Seiren ,film ini benar-benar manis dari segala sisi,mungkin karena anime ini baru rilis tahun kemarin hehehehe. Ketika saya mentonton anime kenapa tiap episode beda karakter cewenya, tau-tau nya setiap 4 episode ganti heroine( karakter perempuan) seperti game visual novel saja ya.

Karakter Utama nya agak sedikit Mesum, karena sangat menyukai sesuatu seperti fantasi yg nakal ;v entah kenapa saya merasa agak kesal karena setiap ganti karakter Heroine selalu ada adegan kiss ( Bukan NTR )ea, kalo kiss ama Miyamae tooru saja karena dia waifu saya:) .

Setiap ganti karakter heroine, ingatannya serasa di reset atau kaya seperti hal hal yang biasa bagi Kamita Shouichi.

Tiba tiba di episode terakhir Tsuneki hadir lagi serasa karakter utama, padahal Miyamae Tooru hanya mendapatkan beberapa eps dan juga jarang nongol. Sekalinya nongol imutnya keluar ea ;v .

Sebenarnya kisahnya masing-masing punya sensasi berbeda loh dimana kita bisa melihat kisah dengan sensasi menjalin hubungan dengan teman sekelas, ada yang tentang bagiamana mengincar kakak kelas, dan kikuknya mendekati adik kelas.

Kalo saya sendiri lebih suka sama kakak kelas daripada adik kelas :).Grafik Menurut Saya Lumayan Bagus. Opening dan Endingnya enak di denger. Storynya lumayan bagus walaupun pertama nonton saya sempat bingung.


9 Sukite li na yo

Sukite li na yo

Menceritakan tentang Mei Tachibana telah menghabiskan 16 tahun tanpa pacar atau teman. Suatu hari, dia melukai anak laki-laki paling populer di sekolah, Yamato Kurosawa, karena kesalahpahaman. Untuk beberapa alasan, tampaknya dia menyukai dia dan satu sisi yakin bahwa mereka adalah teman.

Selanjutnya, dia tidak hanya melindungi Mei dari penguntit, tapi melakukannya dengan ciuman.

Anime yang menurut saya memang ditujukan kepada para remaja yang beranjak menjadi dewasa. Kalian akan mengerti arti dari sebuah cinta ketika menonton seri yang satu ini. Saya juga merasa bahwa anime ini mampu memberikan konflik yang begitu oke untuk disimak.

Visual yang mereka perlihatkan juga begitu oke dan cukup bagus. Beberapa gerakan dari para karakternya juga sangat-sangat memukau dan tak terlihat kaku sama sekali. Saya bahkan mengulangi beberapa adegan yang menurut saya terdapat efek yang begitu memukau untuk disimak.

OST yang mereka perdengarkan juga bisa dibilang anti maisntream. Melodi yang mereka perdengarkan juga terasa begitu lembut dan sesuai dengan tema yang mereka coba berikan loh. Saya juga memberikan kredit kepada bagian ending yang menjadi harapan saya.


10 Tonari no Kaibutsu-kun

Tonari no Kaibutsu-kun

Anime berikutnya tidak kalah populer dengan anime yang diatas. Cerita yang disajikan juga terbilang sangat memukau dengan beberapa tambahan bumbu romance.

Walaupun lebih berfokus pada romance, namun jangan lupa bahwa comedy yang disajikan akan membuat kalian tertawa.

Anime ini menceritakan tokoh bernama Mizutani Shizuku, gadis dingin yang tak peduli dengan semua hal selain belajar dan mendapatkan nilai yang baik untuk masa depan yang menjanjikan.

Sebaliknya, Yoshida Haru adalah anak laki-laki yang duduk di sebelahnya yang sering bolos sekolah. Hubungan keduanya mulai terjalin saat Shizuku datang ke rumah Haru untuk mengantarkan printout.

Meskipun di sekolah Haru dikenal sebagai anak usil dan kasar, namun Shizuku mulai menemukan sisi lain Haru yang baik dan lembut.

Bersama-sama, dua orang yang sebelumnya tidak pandai bersosial, saling membantu belajar untuk peduli terhadap orang lain.

Anime ini bisa dikatakan menghadirkan sebuah cerita sosial yang mungkin akan menjad inspirasi bagi kalian. Kita akan melihat karakter yang dimana ia sangat jarang jatuh cinta, namun hati-nya tetap takluk jika berhadapan dengan orang-orang tertentu.

Saya pun memberikan point plus dibagian visual dan OST. Mereka coba mengandalkan kedua bagian tersebut tanpa membuat alurnya berantakan. Karena sebuah anime akan terlihat bagus jika mampu mempertahankan kedua kesan tersebut. Tentu saja anime itu coba untuk menekankan bagian tersebut.


11 Guilty Crown

Guilty Crown

Anime ini berlatar waktu pada tahun 2039, dimana pada saat itu Jepang telah berada dibawah kendali sebuah organisasi multinasional yang disebut GHQ, akibat dilanda suatu virus tak dikenal sejak 10 tahun silam.

Sang tokoh utama, Ouma Shu adalah seorang anak 17 tahun yang tanpa sengaja memiliki kekuatan supernatural di tangan kanannya yang dapat mengekstrak alat atau senjata dari tubuh teman-temannya.

Kemampuan tersebut didapat Shu ketika ia bertemu dengan seorang penyanyi terkenal yang sangat digemarinya, Yuzuriha Inori — yang ternyata merupakan anggota kelompok gerilyawan yang disebut Undertaker.

Karena sangat terpuruk, akhirnya Jepang diambil alih oleh organisasi multinasional bernama GHQ. Namun, bukan menjadi lebih baik, rakyat justru diperlakukan tidak adil sehingga menimbulkan pemberontakan.

Yuzuriha Inori, penyanyi terkenal anggota kelompok pemberontak memberikan kekuatan untuk mewujudkan hati manusia menjadi senjata kepada pelajar bernama Ouma Shu tepat sebelum dirinya tertangkap.

Setelah mendapat kemampuan dari Inori, akhirnya secara terpaksa Shu harus membantu pasukan pemberontak untuk melawan CHQ dengan cara bergabung menjadi anggota mereka.

Tentu saja anime ini menghadirkan cerita yang begitu memukau loh. Selain itu, anime ini juga mampu menggabungkan cerita dari berbagai genre yang berbeda dan secara sempurna diperlihatkan. Bukan hanya itu, kualitas visual dari anime ini patut untuk di acungi jempol.


12 Kill la Kill

Kill la Kill

Ryuko Matoi, seorang murid pindahan yang baru masuk ke Akademi Hannouji untuk melacak pembunuh ayah dia, tapi Ryuko Matoi kaget oleh kekuatan Seragam Goku miliknya, akhirnya dia melarikan diri dan pulang ke rumahnya.

Tiba-tiba dia masuk ke ruang bawah tanah dan menemukan Seragam Goku, dia langsung menuju ke Akademi Honnouji untuk melanjutkan pencarian pembunuh ayahnya.

Seri yang satu ini mampu menghadirkan kisah yang begitu epik dan memukau. Menggabungkan berbagai genre menjadi satu membuat seri ini terasa begitu spesial loh.

Selain itu visual dari anime ini juga diperlihatkan dengan begitu jelas dan seksama. Musik dari anime ini juga berhasil diperhitungkan dengan begitu baik loh, tak heran bahwa anime in menjadi salah satu anime yang paling disukai oleh banyak orang.


13 Nanatsu no Taizai

Nanatsu no Taizai

Nanatsu no Taizai, adalah sekelompok ksatria jahat yang bersekongkol untuk menggulingkan kerajaan Britannia, yang isunya telah dihabisi oleh Holy Knight, meskipun beberapa orang menduga kalau mereka masih hidup.

10 tahun kemudian, Holy Knight telah melakukan kudeta dan membunuh sang raja, dan kerajaan dikusai oleh peraturan baru.

Elizabeth, putri dari sang raja, berkelana untuk mencari “Nanatsu no Taizai”, meminta bantuan mereka untuk merebut kembali kerajaannya.

Seri berikutnya merupakan anime yang sampai saat ini masih popular dikalangan otaku. Dengan cerita yang begitu oke serta konflik membuat seri ini mendapatkan perhatian lebih.

Tidak hanya konflik, anime ini juga menghadirkan drama serta unsur supernatural didalamnya.

Selain itu, kesan romance dari anime ini juga terlihat banget dan mampu dipadukan dengan genre supernatural.

Selain cerita, anime ini juga menghadirkan karakter yang sangat-sangat misterius dan tak diketahui asal-usulnya.

Bukan hanya karakter, tetapi visual yang mereka hadirkan bisa dibilang begitu ciamik. Karena beberapa efek berhasil disesuaikan dengan baikloh.

Selain visual, anime ini juga menghadirkan music yang begitu emosional loh. Salah satu yang saya sukai adalah Opening dari anime ini.

Namun jangan lupakan ending dari anime tersebut, karena mereka menghadirkan kesan slow ketika memutar lagu ED dari anime itu.


14 One Punch Man

One Punch Man

 

Salah satu seri yang populer pada tahun 2015 ini sangat wajib untuk masuk ke list kali ini. Dengan MC yang botak serta temannya seorang robot membuat seri ini begitu menarik para otaku untuk menontonnya.

Comedy yang disajikan juga terbilang sangat bagus sebab dengan pengalihan cerita serta berbagai monster membuat seri ini tidak akan membuat kalian cepat bosan.

Menceritakan karakter bernama Saitama, seorang superhero berkepala botak dengan ekspresi datar.

Sebagai seorang superhero, dia selalu berusaha mencari lawan yang tangguh, tetapi setiap kali ia menemukan kandidat yang menjanjikan, selalu saja dapat dikalahkan dalam sekali pukul.

Dengan menggabungkan unsur supernatural dan sci-fi menjadikan anime ini sebagai salah satu seri yang paling dinantikan season keduanya. Tentu saja kalian bisa berbahagia bahwa seri yang satu ini telah mendapatkan season kedua loh.

Namun sangat disayangkan bahwa episode kedua dari season dua tersebut masih lama tayangnya. Namun tidak apa, hal itu menjadikan obat rindu bagi kalian semua. Selain itu, seri yang satu ini juga memberikan andil yang cukup besar terhadap berbagai hal selanjutnya.

Visual dari anime ini juga bisa dibilang begitu memukau banget. Mulai dari efek-efek dan musik yang sesuai dengan adegan yang sedang terjadi.


15 Tokyo Ghoul

Tokyo Ghoul

Ken Kaneki, yang hampir tidak dapat bertahan hidup setelah pertemuan mematikan dengan Rize Kamishiro, seorang wanita yang diturunkan menjadi ghoul, yaitu makhluk mirip manusia yang memburu dan memakan daging manusia, dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis.

Setelah sembuh, Kaneki menemukan bahwa entah bagaimana ia menjalani operasi yang mengubahnya menjadi setengah ghoul, dan seperti mereka, harus mengkonsumsi daging manusia untuk bertahan hidup juga.

Dengan tidak ada orang lain untuk berpaling, ia diambil oleh ghoul yang mengelola kedai kopi “Anteiku”, orang pertama yang menemukannya oleh Yoshimura dan Touka Kirishima yang mengajarinya untuk menghadapi kehidupan barunya sebagai setengah manusia/setengah ghoul.

Termasuk berinteraksi dengan masyarakat ghoul dan yang bertentangan faksi, sementara berjuang untuk menjaga rahasia identitasnya dari manusia lainnya

Di sana ia betemu dengan Tsukiyama Shuu yang berniat memakannya, dan seniornya di kampus, Nishiki Nishio dan pacarnya Kimi.

Serial prekuel Tokyo Ghoul: JACK menceritakan pemuda bernama Kishou Arima dan Taishi Fura, dua karakter dari serial utama yang saling berkenalan ketika mereka bergabung untuk menyelidiki kematian teman Taishi oleh tangan ghoul.

Mengarah ke Taishi yang akhirnya mengikuti jalan Arima dan bergabung dengan CCG (Komisi Penanggulangan Ghoul), agen federal yang bertugas dalam menangani kejahatan yang berkaitan dengan ghoul juga.


Nah sahabat Laskaranime itulah rekomendasi anime action yang wajib kalian tonotn. Jika ada anime yang favorit kalian yang tidak kami masukkan, silahkan komentar dibawah dan akan kami pertimbangkan selanjutnya.

Comments
Loading...